Gaya Hidup

Resep Bola-Bola Kentang: Kelezatan yang Luar Biasa

23
×

Resep Bola-Bola Kentang: Kelezatan yang Luar Biasa

Sebarkan artikel ini
Resep Bola Bola Kentang Kelezatan yang Luar Biasa

Ragamsumbar.com – Kentang adalah bahan makanan yang serbaguna dan populer di seluruh dunia. Dari sekian banyak cara untuk mengolah kentang, salah satu yang paling nikmat adalah dengan membuat bola-bola kentang renyah di luar dan lembut di dalam.

Bola-bola kentang ini bisa dihidangkan sebagai camilan, pendamping hidangan utama, atau bahkan sebagai hidangan utama yang lezat. Ikuti resep berikut untuk menciptakan kelezatan yang luar biasa dari bola-bola kentang.

Bahan-Bahan

Untuk cara membuat bola-bola kentang, siapkan bahan-bahan yang harus untuk di sajikan di meja yang akan kami bikin sebagai berikut.

  • 500 gram kentang, kupas dan potong kecil
  • 1 butir telur, dikocok
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 50 gram keju parut
  • Garam secukupnya
  • Merica bubuk secukupnya
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Cara Membuat

Langkah 1 Memasak Kentang
  1. Rebus potongan kentang dalam air mendidih dengan sedikit garam hingga empuk, sekitar 15-20 menit.
  2. Setelah empuk, tiriskan kentang dan biarkan dingin sebentar.
Langkah 2 Membuat Adonan Bola-Bola
  1. Tumbuk kentang yang telah direbus hingga halus dan tidak bergerindil. Anda juga bisa menggunakan penghalus kentang atau garpu.
  2. Campurkan kentang tumbuk dengan keju parut, garam, merica, dan tepung terigu. Aduk rata sampai menjadi adonan yang kalis dan dapat dibentuk.
Langkah 3 Membentuk Bola-Bola
  1. Ambil sebagian adonan kentang, bentuk bulat-bulat kecil seperti bola dengan diameter sekitar 3-4 cm.
  2. Celupkan bola-bola kentang ke dalam telur yang telah dikocok, lalu gulingkan di atas tepung terigu. Pastikan setiap bola kentang terbalut dengan baik oleh telur dan tepung.
Langkah 4 Menggoreng Bola-Bola Kentang
  1. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.
  2. Goreng bola-bola kentang hingga berwarna keemasan dan renyah, sekitar 3-4 menit.
  3. Angkat dan tiriskan bola-bola kentang yang telah matang di atas kertas minyak untuk menyerap kelebihan minyak.

Penyajian

Bola-bola kentang siap disajikan! Anda bisa menikmatinya sebagai camilan hangat dengan saus tomat atau saus sambal sebagai pendamping.

Bola-bola kentang ini juga cocok disajikan bersama dengan saus tartar sebagai hidangan pembuka yang lezat sebelum hidangan utama.

Tips Tambahan

  • Pastikan kentang benar-benar matang dan lembut sebelum dihaluskan, agar bola-bola kentang nantinya memiliki tekstur yang lembut di dalam.
  • Jangan terlalu berlebihan dalam memasukkan tepung terigu agar adonan tidak terlalu padat. Tambahkan tepung sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dibentuk dengan mudah.
  • Jika ingin variasi, tambahkan potongan daun bawang atau seledri cincang ke dalam adonan untuk memberikan aroma dan rasa yang segar.

Dengan mengikuti resep sederhana ini, Anda dapat menciptakan bola-bola kentang yang lezat dan renyah. Bola-bola kentang ini cocok disajikan untuk acara keluarga, pesta, atau bahkan untuk camilan sehari-hari. Nikmati kelezatan kentang dalam bentuk yang baru dan menggugah selera!

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *