Manisnya Mantap! Resep Kue Pukis Tanpa Mixer yang Praktis Dibuat

Manisnya Mantap Resep Kue Pukis Tanpa Mixer yang Praktis Dibuat

Ragamsumbar.com – Kue pukis adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia yang banyak disukai karena rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat kue pukis tanpa menggunakan mixer, ada beberapa resep praktis yang bisa dicoba.

Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat kue pukis secara sederhana dan menggoda, serta memberikan tips-tips berharga untuk memastikan kue pukis Anda berhasil sempurna.

Apa Itu Kue Pukis?

Kue pukis adalah sejenis kue dadar yang memiliki tekstur lembut dan rasa manis. Biasanya, kue ini dibuat dengan adonan berbahan dasar tepung terigu, telur, gula, santan, dan juga baking powder untuk memberikan hasil yang mengembang. Kue pukis memiliki ciri khas bentuk bulat dan cekung di tengahnya, sehingga terlihat unik dan menggugah selera.

Mengapa Kue Pukis Tanpa Mixer?

Membuat kue pukis tanpa menggunakan mixer memungkinkan Anda untuk menghasilkan kue yang lezat tanpa peralatan dapur yang rumit. Metode manual ini juga dapat menjadi kegiatan menyenangkan untuk dilakukan bersama keluarga, terutama anak-anak yang suka berkreasi di dapur.

Resep Kue Pukis Tanpa Mixer yang Praktis

Berikut adalah panduan resep yang sangat sederhana dan mengunggah rasa untuk membuat kue pukis tanpa menggunakan mixer.

Bahan-bahan yang diperluakn untuk membuat Kue Pukis
  • 200 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 250 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 2 butir telur
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • Sejumput garam
  • Margarin secukupnya untuk melumuri cetakan
Instruksi
  1. Campurkan Bahan Kering: Di dalam sebuah mangkuk, campurkan tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam. Aduk rata dengan whisk atau spatula.
  2. Tambahkan Telur dan Santan: Masukkan telur ke dalam campuran tepung, lalu aduk rata. Tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi halus dan tidak bergerindil.
  3. Panaskan Cetakan: Panaskan cetakan kue pukis di atas kompor dengan api sedang. Olesi cetakan dengan sedikit margarin.
  4. Tuang Adonan: Tuang adonan ke dalam cetakan hingga hampir penuh, biarkan sedikit cekungan di tengahnya.
  5. Panggang: Tutup cetakan dan biarkan kue pukis matang di atas api kecil selama beberapa menit atau sampai bagian bawahnya berwarna kecoklatan.
  6. Balik Kue: Gunakan sumpit atau sendok untuk membalik kue pukis, lalu panggang bagian satunya lagi hingga matang sempurna.
  7. Angkat dan Sajikan: Angkat kue pukis dari cetakan dan letakkan di atas piring saji. Kue pukis siap disantap!

Tips untuk Membuat Kue Pukis yang Sempurna

  • Gunakan Cetakan Kue Pukis yang Tepat: Pastikan menggunakan cetakan kue pukis yang berkualitas dan anti lengket untuk memudahkan proses membalik kue.
  • Jaga Suhu Api: Panggang kue pukis dengan api sedang agar matang merata tanpa gosong di bagian bawahnya.
  • Perhatikan Konsistensi Adonan: Pastikan adonan kue pukis memiliki konsistensi yang tepat, tidak terlalu encer atau terlalu kental.
  • Variasi Topping: Beri variasi topping sesuai selera, seperti meses, keju parut, atau cokelat meleleh untuk menambah kenikmatan kue pukis.

Mau bikin kue pukis tapi gak punya mixer? Gak masalah! Ini dia resep kue pukis versi praktis yang bisa kamu coba. Tinggal aduk-aduk aja, tanpa ribet pake mixer. Cukup campur bahan-bahan, aduk rata, tuang ke cetakan, terus panggang. Mudah banget kan?

Kue pukis emang enak buat camilan atau sarapan. Jadi, yuk, coba buat sendiri di rumah. Dijamin bikin nagih! Kamu bisa tambahin topping cokelat atau keju parut biar makin kece rasanya.

Sekarang, kamu udah tau kan cara membuat kue pukis ala-ala tanpa mixer yang praktis dan gak ribet. Langsung aja coba di rumah, dan bagi ceritanya ke temen-temen tentang pengalaman bikin kue pukis seru ini!

Kesimpulan

Membuat kue pukis tanpa mixer bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menghasilkan camilan lezat untuk keluarga. Dengan resep sederhana ini, Anda dapat menikmati kue pukis yang manis dan lembut dengan mudah.

Jangan lupa bereksperimen dengan topping dan variasi lain untuk menambah kenikmatan kue pukis Anda. Selamat mencoba dan selamat menikmati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *