Teknologi

CoinEx Paparkan Bagaimana Dencun Mengubah L2 Ethereum

54
×

CoinEx Paparkan Bagaimana Dencun Mengubah L2 Ethereum

Sebarkan artikel ini
Dencun
Dencun.

Ragamsumbar.com – Menjelang aktivasi mainnet Cancun-Deneb (atau Dencun), pengkinian Ethereum yang paling ditunggu-tunggu pada 2024, CoinEx memaparkan sejumlah unsur utamanya.

Para pakar CoinEx menilai Dencun sebagai pengkinian penting Ethereum (ETH) yang meliputi lima EIP, termasuk EIP-4844 yang paling banyak mendapat perhatian dari kalangan pelaku pasar.

Target utamanya adalah menyelesaikan kendala skalabilitas Ethereum dan ikut mengurangi biaya transaksi pada solusi Ethereum layer-2 yang secara langsung berdampak positif pada ekosistem terkait seperti L2.

Selain EIP utama EIP-4844, proposal pengkinian lain mencakup EIP-1153, EIP-4788, EIP-5656, dan EIP-6780.

Proto-Danksharding

Inovasi utama dari Dencun, menurut laporan terbaru CoinEx Research, terletak pada Proto-Danksharding, dikenal sebagai EIP-4844. Inovasi ini mengubah cara Ethereum (ETH) menyimpan informasi penting untuk interaksi mainnet L1 dan jaringan L2.

Ethereum (ETH) akan menerima struktur data baru yang disebut blob untuk menyimpan data transaksi yang terkirim dari layer 2 hingga layer 1.

Seperti dijelaskan oleh CoinEx Research, demi menjamin keamanan dan immutability dari mekanisme baru tersebut, Ethereum (ETH) akan melansir KZG Polynomial Commitment.

Secara sederhana, aktivasi skema terbaru ini akan mempercepat dan membuat transaksi L2 menjadi lebih murah berkat skema logistik data yang optimal.

Efek potensial dari EIP minor

Selain EIP-4844, Dencun juga akan menghadirkan EIP lain pada Ethereum. Misalnya, EIP-1153, atau Transient Storage Opcodes, yang akan mengurangi gas overhead yang tidak perlu untuk pengguna on-chain atau pihak pengembang.

EIP-4788, atau Beacon Chain Block Root Submission, akan menghadirkan kompatibilitas EVM pada blockchain L2 pada jenjang baru. EIP-4788 akan menempatkan Beacon Chain block root pada setiap execution block header sehingga EVM dapat mengakses secara langsung kondisi dan data consensus layer Ethereum.

EIP-5656, atau MCOPY Opcodes, juga akan mengurangi gas cost yang tidak perlu pada pengguna on-chain dan berbagai jenis aplikasi terdesentralisasi (dApps).

Bagaimana Dencun mengubah L1 dan L2 Ethereum

Inti dari pengkinian Dencun adalah EIP-4844, secara langsung meningkatkan throughput layer-2 dan mengurangi biaya transaksi dengan melansir blob. Hal ini akan meningkatkan daya saing layer 2 berbasiskan Ethereum terhadap proyek alt layer-1 lain.

Derivatif, LSD, staking apps, dan bridge akan menjadi kategori-kategori dApps yang mendapat manfaat positif terbanyak dari aktivasi Dencun, menurut penilaian pakar CoinEx.

Tentang CoinEx

Berdiri pada 2017, CoinEx adalah bursa uang kripto global yang berkomitmen mempermudah aktivitas perdagangan (trading).

Platform ini menyediakan berbagai jenis layanan, termasuk spot trading dan margin trading, kontrak berjangka (futures), swaps, automated market maker (AMM), dan jasa pengelolaan keuangan bagi lebih dari lima juta pengguna di 200+ negara dan wilayah.

Sejak pertama kali berdiri, CoinEx selalu menjalankan prinsip layanan yang “memprioritaskan pengguna”.

Agar lingkungan trading kripto berlangsung dengan prinsip setara, saling menghormati, dan aman, CoinEx menjamin setiap pengguna dari segala tingkat kemampuan dapat mengakses uang kripto melalui produk-produk yang mudah digunakan.

(*)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *