Teknologi

Honeywell Bangun Pabrik Hidrogen Ramah Lingkungan Pertama di Vietnam

61
×

Honeywell Bangun Pabrik Hidrogen Ramah Lingkungan Pertama di Vietnam

Sebarkan artikel ini
Honeywell Bangun Pabrik Hidrogen Ramah Lingkungan Pertama di Vietnam
Honeywell Bangun Pabrik Hidrogen Ramah Lingkungan Pertama di Vietnam. (f/ist)

Ragamsumbar.com – Honeywell telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan The Green Solutions Group Corporation (TGS) untuk proyek Tra Vinh Green Hydrogen, pabrik hidrogen ramah lingkungan yang pertama di Vietnam, berlokasi di wilayah Mekong Delta.

Honeywell akan memasok sejumlah teknologi siap guna untuk proyek ini, seperti desain dan manajemen otomatisasi serta manajemen transisi energi, termasuk sistem penyimpanan energi baterai (battery energy storage systems/BESS).

Melalui teknologi tersebut, TGS akan mampu mengintegrasikan sumber energi terbarukan untuk menjadi bagian pada pabrik hidrogen ramah lingkungan.

Disaksikan oleh Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh, penandatanganan MoU ini berlangsung pada November 2023 di COP28 United Nations Climate Change Conference, Dubai, Uni Emirat Arab.

“Honeywell BESS akan berperan penting dalam mendukung proyek Tra Vinh Green Hydrogen,” ujar Ramanathan Valliyappan, Regional General Manager, Honeywell Process Solutions, dalam keterangannya Rabu 21 Februari 2024.

“Sistem ini akan memperluas kapasitas energi terbarukan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) TGS setelah matahari terbenam, serta kapasitas pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) ketika sumber daya angin mereda. Platform BESS Honeywell ikut menghemat biaya dan menurunkan emisi karbon dengan menyediakan stabilitas sistem transmisi listrik dari sumber energi terbarukan. Dengan demikian, hidrogen ramah lingkungan dapat diproduksi di pabrik Tra Vinh,” katanya.

Selain BESS, Honeywell akan menyediakan solusi dan keahlian lengkap yang mencakup seluruh rantai nilai industri hidrogen agar TGS dapat beroperasi dengan aman, profitabel, serta memenuhi target produksi energi berkelanjutan.

“Kolaborasi ini mencerminkan langkah penting dalam produksi hidrogen ramah lingkungan di pabrik Tra Vinh,” ujar Huynh Thi Kim Quyen, Managing Director, TGS.

“Proyek Tra Vinh Green Hydrogen merupakan pencapaian besar bagi perusahaan kami sekaligus perkembangan penting dalam mencapai target nasional, yakni mendekarbonisasi sektor energi dengan solusi energi terbarukan, serta berkontribusi mewujudkan masa depan yang lebih bersih dan lestari,” kata Huynh Thi Kim Quyen.

Vietnam bertekad mewujudkan netralitas karbon pada 2050. Menurut sejumlah proyeksi, Vietnam menjadi salah satu dari lima negara yang paling terdampak perubahan iklim, dan menghadapi risiko sosial dan ekonomi yang berpotensi parah.

Vietnam memiliki potensi besar dari sisi sumber daya tenaga surya dan bayu, khususnya wilayah Delta Mekong yang menjadi lokasi pabrik Tra Vinh.

Honeywell berkomitmen mencapai netralitas karbon dalam kegiatan operasional dan fasilitas perusahaan pada 2035. Komitmen ini melanjutkan inovasi yang telah hadir selama puluhan tahun agar klien Honeywell dapat memenuhi target lingkungan hidup dan sosial.

Sekitar 60 persen investasi penelitian dan pengembangan produk baru Honeywell pada 2022 dialokasikan untuk kinerja ESG bagi klien.

(*)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *