Sumbar

Panen Melon Berkonsep Green House di SMKN 2 Batusangkar

113
×

Panen Melon Berkonsep Green House di SMKN 2 Batusangkar

Sebarkan artikel ini
Bupati Tanah Datar Panen Melon Berkonsep Green House di SMKN 2 Batusangkar
Bupati Tanah Datar, Eka Putra Panen Melon Berkonsep Green House di SMKN 2 Batusangkar

Ragamsumbar.com – Berhasil melakukan pengembangan bertanam melon dengan konsep modern dengan sistem green house, Bupati Tanah Datar Eka Putra sampaikan rasa bangga dan apresiasi kepada SMKN 2 Batusangkar.

Hal ini disampaikan Bupati Eka Putra saat kegiatan Panen Raya dan Panen Karya di SMK Negeri 2 Bukit Gombak Kecamatan Lima Kaum, Kamis (14/12/2023).

“Saya bangga atas keberhasilan SMK Negeri 2 Batusangkar dalam mengembangkan bertanam melon dengan sistem Hidroponik Green House, tentunya keberhasilan ini menjadi contoh dan pilot project bagi SMK ataupun SMA di Sumbar maupun di Tanah Datar,” katanya.

Dikatakan Eka Putra, sektor pertanian menjadi salah satu sektor utama dalam menyokong perekonomian masyarakat, sehingga menjadikan sektor ini salah satu perhatian untuk terus ditingkatkan.

“Tahun 2024, kita akan membangun 19 green house yang tersebar di beberapa wilayah Tanah Datar, hal ini tentunya akan bisa disinergikan dengan apa yang telah dilakukan SMK Negeri 2 Batusangkar. Sehingga, ke depan Tanah Datar menjadi salah satu daerah penghasil melon di Indonesia,” sampainya.

Dan tentunya, tambah Bupati, apresiasi setinggi-tingginya perlu Saya sampaikan atas kerja keras Kepala Sekolah, majelis guru, dukungan Pemerintah Provinsi dan Pusat serta pihak PT. Kebun Bumi Lestari yang menjadi mitra dan mentor.

“Kesuksesan seperti hari ini bukanlah hal yang mudah untuk dicapai, butuh kerja keras dan komitmen pihak sekolah. Karena itu Saya menyampaikan apresiasi atas hal itu dan juga atas bantuan Farm Hill dibawah PT. Kebun Bumi Lestari atas bimbingan dan kerjasamanya,” ungkapnya.

Sebelumnya Kepala SMK Negeri 2 Batusangkar, Budi Darmawan menyampaikan, pelaksanaan bertanam melon berkat dukungan Farm Hill dan juga Pemerintah Pusat, Provinsi serta Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Disampaikan Budi, untuk Panen Raya hari itu merupakan panen kedua kali setelah beberapa waktu lalu telah melaksanakan panen perdana.

“Beberapa waktu lalu kita telah melakukan panen perdana dengan hasil 2,7 ton dan Alhamdulillah, berkat Farm Hill kita juga memasarkan melon ke Pekanbaru dan sekitarnya,” ungkapnya.

Sementara itu Gubernur Sumbar diwakili Staf Ahli Perekonomian dan Keuangan Syafrizal menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas program green house SMK N 2 Batusangkar.

“Ini baru pertama dilaksanakan di Sumatra Barat. Tentunya keberhasilan ini bisa menjadi contoh bagi sekolah ataupun petani lainnya untuk melaksanakan bertanam melon ini,” sampainya.

Karena itu, tambah Syafrizal, dibutuhkan dukungan dan dorongan Pemerintah Daerah agar green house ini bisa bertahan dan ditingkatkan.

Direktur PT. Kebun Bumi Lestari, M. Jatiardi Fitriantoro di kesempatan itu memaparkan proses terjalin kerjasama dengan SMK N 2 Batusangkar dalam melaksanakan bertanam melon sistem Hidroponik Green House.

“Beberapa waktu lalu, terjalin komunikasi dengan pak Budi Kepsek SMKN 2 sehingga terjalin kerjasama untuk program ini. Namun Farm Hill kala itu terkendala biaya sehingga berusaha mencari dana ke Kementerian Pendidikan sehingga dibantu melalui skema pemadanan. Dan alhamdulillah sekarang bisa menjadi seperti yang kita lihat saat ini,” sampainya. (*/son)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *