Tokoh Otomotif Sumbar Rani Ismael Berpulang

Sutan Mohammad Rani Ismael
Sutan Mohammad Rani Ismael. (f/ist)

Ragamsumbar.com – Tokoh otomotif Sumatera Barat, H. Sutan Mohammad Rani Ismael berpulang dalam usia 84 tahun di Padang, pada Jum’at 29 Maret 2024 pagi.

Rani Ismail merupakan salah satu tokoh Sumbar yang menginspirasi. Berbagai kesuksesan tidak diraihnya dengan mudah dan instan, tapi penuh perjuangan dan kesungguhan.

Banyak kontribusi yang telah diberikan Pak Rani untuk Sumbar, terutama berperan besar dalam pertumbuhan dunia usaha otomotif Sumbar.

Riwayat Rani Ismael

Dikutip dari wikipedia, H. M. Rani Ismael, yang bernama lengkap Sutan Mohammad Rani Ismael (lahir 20 April 1940) adalah seorang pengusaha Indonesia dari Padang, Sumatera Barat.

Ia mengelola beberapa perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, di antaranya tujuh kantor cabang dan perwakilan di Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Utara, dan Jakarta.

Rani Ismael juga menjabat sebagai Direktur PT Suka Fajar dan PT Sutan Kasim yang berkantor pusat di Kota Padang.

Rani Ismael lahir di Cimparuah, Pariaman, pada 20 April 1940 itu merupakan putra dari pasangan Haji Sutan Ismael (ayah) dan Hajjah Djoani (ibu), yang berprofesi sebagai saudagar beras dan kapur.

Pendidikan formal Rani hanyalah sampai tamat Sekolah Rakyat (kini SD), tetapi ia mendapatkan pendidikan non-formal dengan disiplin yang keras dari kedua orangtuanya serta pamannya, Sutan Kasim, yang merupakan pendiri PT Sutan Kasim Ltd.

Ketika berumur sembilan tahun, Dia pernah bekerja sebagai penyabit rumput, penggembala sapi, pelayan warung, penjaja pisang goreng, dan tidur di emperan los pasar, namun pada usia 15 tahun ia sudah mengelola toko sepatu dan toko kelontong terkemuka di Kota Padang.

Dalam berbisnis, ia lebih banyak mengandalkan keberanian daripada kemampuan. Namun Rani selalu belajar secara otodidak dengan membaca buku-buku dan mengikuti berbagai kursus serta seminar yang berguna untuk usaha dan pekerjaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *