Sumbar

Gubernur Sumbar: Kelompok Dasawisma Ujung Tombak Peningkatan Kesejahteraan Keluarga

30
×

Gubernur Sumbar: Kelompok Dasawisma Ujung Tombak Peningkatan Kesejahteraan Keluarga

Sebarkan artikel ini
Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma VIII tingkat Sumbar
Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma VIII tingkat Sumbar di Rumah Dinas Bupati Agam, Kamis 7 Maret 2024. (f/pemprov)

Ragamsumbar.com – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah membuka pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma VIII itu di Rumah Dinas Bupati Agam, Kamis 7 Maret 2024.

Gubernur menegaskan, bahwa Kelompok Dasawisma adalah ujung tombak pelaksanaan program TP PKK di lapangan.

Gubernur Mahyeldi mengapresiasi Tim Penggerak PKK dan Kader Dasawisma Provinsi dan kabupaten/kota di Sumbar, serta seluruh pihak yang terlibat dalam mempersiapkan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma VIII Tingkat Provinsi Sumbar.

“Kita berharap Kelompok Dasawisma terus bergerak. Sebagaimana kita lihat selama ini, Dasawisma sangat aktif menggelar pengajian, gotong-royong, sharing pola asuh anak dan remaja, sharing pola peningkatan pendapatan keluarga, dan lain sebagainya,” kata Gubernur Mahyeldi.

Oleh sebab itu, sambung Gubernur, semua komponen masyarakat perlu terus memberikan semangat dan dukungan pada aktivitas yang digelar oleh Kelompok Dasawisma di tempat tinggal masing-masing.

Sebab, Dasawisma selama ini bergerak dengan ikhlas dalam menjalankan pengabdian bagi masyarakat dan lingkungan.

“Kami meminta agar Kelompok Dasawisma terus melaksanakan dan menggerakkan 10 Program Pokok PKK. Serta, melakukan pendataan, pencatatan, dan pelaporan, sehingga peningkatan kesejahteraan keluarga benar-benar terwujud di Sumbar,” ucap Gubernur lagi.

Kelompok Dasawisma, sambung Gubernur, bergiat di setiap kisaran 10 hingga 20 rumah. Dalam menggerakkan aktivitas, Dasawisma harus membangun kedekatan antar masyarakat, sehingga menjadi benar-benar tahu masalah yang terjadi di tengah lingkungan masyarakat itu sendiri.

Hal ini sangat penting untuk mengantisipasi terjadinya berbagai permasalah sosial, seperti tindak penyalahgunaan narkoba, stunting, LGBT, hingga penyebaran HIV-AIDS

“Untuk itu, Tim Penggerak PKK dan kadernya harus terus bergerak bersama, dengan bakti dan kerja nyata serta bekerja tanpa pamrih, karena memang pemerintah dan masyarakat menunggu pengabdian kita,” tutur Gubernur lagi.

Sementara itu dalam sambutannya, Ketua TP PKK Sumbar, Ummi Harneli Mahyeldi menjelaskan, bahwa tujuan umum dilaksanakannya kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisa tersebut adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa kebersamaan, serta memacu semangat untuk terus merealisasikan 10 program pokok PKK.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemauan dan kemapanan Ketua Kelompok Dasawisma, dalam melakukan pendataan, pencatatan, pelaporan, pembinaan, dan turut menggerakkan warga dalam melaksanakan 10 program PKK,” kata Ummi Harneli.

(adpsb)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *