SumbarPendidikan

Asyik! UNP akan Buka PSDKU PGSD di Kepulauan Mentawai

46
×

Asyik! UNP akan Buka PSDKU PGSD di Kepulauan Mentawai

Sebarkan artikel ini
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah. (f/pemprov)

Ragamsumbar.com – Universitas Negeri Padang (UNP) akan membuka Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menyambut baik rencana tersebut. Dia menilai, itu bisa menjadi solusi bagi sektor pendidikan Kepulauan Mentawai.

Gubernur Mahyeldi mengungkap, PSDKU yang akan dibuka UNP di Kabupaten Kepulauan Mentawai adalah Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Menurutnya, hal itu sesuai dengan kebutuhan daerah.

Dijelaskannya, selama ini ada dua permasalahan utama di sektor pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Pertama, terbatasnya jumlah tenaga pendidik (tendik) atau guru yang mau mengabdi di daerah tersebut dan yang kedua, jauhnya jarak antara fasilitas pendidikan dengan pemukiman masyarakat.

“Hadirnya PSDKU UNP, saya rasa akan menjadi salah satu solusi untuk penguatan sektor pendidikan di Mentawai. Selama ini yang menjadi permasalahan utama adalah, jumlah tenaga pendidik yang terbatas dan akses fasilitas pendidikan yang jauh,” ungkap Mahyeldi di Padang, Jum’at 23 Februari 2024.

Dia juga mengatakan, ke depan anak-anak Mentawai tidak lagi harus ke Kota Padang untuk mengenyam pendidikan tinggi karena disana sudah ada.

Selain itu, para lulusan PGSD itu nantinya juga bisa diserap sebagai tenaga pendidik, sehingga Mentawai tidak lagi terbelenggu oleh terbatasnya tenaga pendidik yang mau mengabdi di daerahnya.

“Artinya banyak keuntungan yang didapat Mentawai dengan dibukanya PSDKU UNP untuk Prodi PGSD ini,” ujar Mahyeldi.

Pembukaan PSDKU UNP itu juga sejalan dengan semangat Pemprov Sumbar yang tertuang jelas dalam program unggulan Tahun 2021-2026 untuk menghadirkan pemerataan pendidikan di Sumbar.

Untuk diketahui, pembukaan PSDKU UNP itu akan diresmikan Gubernur Mahyeldi pada (29/2) mendatang. Bersamaan dengan digelarnya rapat koordinasi lintas instansi yang digagas Pemerintah Provinsi di Mentawai.

(*)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *