Nasional

TNI-Polri Kawal Distribusi Perlengkapan PPK Pemilu 2024 di Lamongan

67
×

TNI-Polri Kawal Distribusi Perlengkapan PPK Pemilu 2024 di Lamongan

Sebarkan artikel ini
KPU Lamongan distribusikan perlengkapan PPK untuk Pemilu 2024
KPU Lamongan distribusikan perlengkapan PPK untuk Pemilu 2024. (f/pendim 0812 lamongan)

Ragamsumbar.com – Sebanyak 33 unit truk pengangkut perlengkapan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk Pemilu 2024, didistribusikan di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Pemberangkatan perlengkapan PPK itu dilakukan langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah atau KPUD Lamongan, Mahrus Ali dengan dihadiri oleh sejumlah Forkopimda Lamongan, diantaranya Dandim 0812/Lamongan, Letkol Arm Ketut Wira Purbawan, Sabtu 10 Februari 2024.

“Saya sudah sampaikan, bahwa di PPS atau Desa hanya menginap satu malam. Karena, pada H-1 Pemilu mendatang, seluruh logistik sudah harus sampai di masing-masing TPS,” ucap Mahrus.

Untuk di daerah atau Desa terpencil, Mahrus menyebut bahwa pendistribusian perlengkapan PPK itu dilakukan pada Minggu esok. Pasalnya, hal itu dilakukan guna mengantisipasi terjadinya cuaca buruk atau medan yang sulit dilalui akibat dampak cuaca yang terjadi di Lamongan saat ini.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan semua pihak, termasuk dengan Polres, Kodim, Kantor Pos, PLN dan BPBD yang memahami kondisi wilayah tersebut,” jelasnya.

Terpisah, ditemui usai mengikuti proses pemberangkatan perlengkapan PPK tersebut, Dandim 0812/Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan memastikan jika pihaknya bakal mengawal pendistribusian perlengkapan itu.

Tentunya, kata Letkol Wira, hal itu nantinya akan dilakukan dengan pihak terkait lainnya, terlebih Kepolisian dan Pemkab Lamongan.

“Sehingga pelaksanaan Pemilu mendatang di Lamongan bisa berjalan dengan aman dan lancar,” tegasnya.

TNI-Polri Kawal Penerimaan Logistik

Untuk memastikan logistik pelaksanaan Pemilu dalam kondisi aman, pihak TNI dan Polri melakukan pengecekan di setiap Kantor Kecamatan.

Pengecekan itu, tentunya turut melibatkan pihak Ketua PPK Kecamatan, Ketua Panwascam hingga tokoh masyarakat.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Dandim 0812/Lamongan Letkol Arm Ketut Wira Purbawan mengatakan, pengecekan itu dilakukan guna memastikan setiap persiapan maupun kelancaran berjalannya pesta demokrasi mendatang.

“Pengawalan dan pengecekan kotak Pemilu dan kelengkapan lainnya itu penting dalam mempersiapkan pelaksanaan Pemilu mendatang,” ucap Dandim.

Pada kesempatan itu pula, Letkol Wira menegaskan jika pihaknya bakal bersinergi dengan aparat terkait dalam upaya mewujudkan pesta demokrasi yang aman, jujur dan damai.

“Tentu. Semua pihak pasti berharap Pemilu mendatang ini berjalan dengan baik dan aman. Pastinya, kami juga meminta masyarakat untuk berpartisipasi mendukung berjalannya pesta demokrasi mendatang,” pungkasnya.

(*)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *