Nasional

Pendaftaran CASN 2024 Segera Dibuka Simak Jumlah dan Formasi Kementerian Pertahanan

33
×

Pendaftaran CASN 2024 Segera Dibuka Simak Jumlah dan Formasi Kementerian Pertahanan

Sebarkan artikel ini
Pendaftaran CASN 2024 Segera Dibuka Simak Jumlah dan Formasi Kementerian Pertahanan

Ragamsumbar.com – Pendaftaran Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) 2024 segera dibuka! Kementerian Pertahanan Republik Indonesia menjadi salah satu instansi yang membuka peluang besar bagi masyarakat yang ingin berkarier di sektor pemerintahan.

Dalam pembahasaan artikel kali ini akan membahas secara mendetail tentang jumlah dan formasi yang disediakan oleh Kementerian Pertahanan dalam rekrutmen CASN 2024.

Latar Belakang Pendaftaran CASN 2024

Pemerintah Indonesia secara rutin membuka pendaftaran CASN setiap tahunnya. CASN merupakan salah satu jalur utama untuk menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang meliputi Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Tujuan utama dari rekrutmen CASN adalah untuk mengisi kekosongan formasi di berbagai instansi pemerintah dan meningkatkan pelayanan publik.

Tahun 2024 ini, Kementerian Pertahanan kembali membuka pendaftaran CASN dengan menyediakan berbagai formasi yang dibutuhkan.

Kesempatan ini sangat dinantikan oleh banyak calon pelamar karena karier di Kementerian Pertahanan menjanjikan stabilitas, jenjang karier yang jelas, dan berbagai tunjangan yang menarik.

Jumlah Formasi yang Dibuka

Pada tahun 2024, Kementerian Pertahanan mengumumkan akan membuka ribuan formasi untuk berbagai posisi strategis.

Jumlah formasi yang dibuka mencakup berbagai bidang, mulai dari administrasi, teknik, kesehatan, hingga posisi-posisi khusus yang memerlukan keahlian tertentu. Berikut ini beberapa poin penting mengenai jumlah formasi yang disediakan:

  1. Jumlah Total Formasi: Kementerian Pertahanan mengalokasikan sekitar 5.000 formasi untuk tahun 2024.
  2. Pembagian Formasi: Formasi ini dibagi ke dalam beberapa kategori, antara lain formasi umum, formasi khusus untuk putra/putri Papua, dan formasi disabilitas.
  3. Prioritas Posisi: Ada beberapa posisi yang menjadi prioritas dalam rekrutmen kali ini, seperti tenaga kesehatan, tenaga teknik, dan tenaga administrasi.

Formasi Unggulan Kementerian Pertahanan

Kementerian Pertahanan menawarkan berbagai formasi yang menarik dan strategis. Berikut ini beberapa formasi unggulan yang dibuka dalam pendaftaran CASN 2024.

  1. Tenaga Medis dan Kesehatan: Kementerian Pertahanan membutuhkan banyak tenaga medis seperti dokter umum, dokter spesialis, perawat, dan tenaga kesehatan lainnya. Formasi ini sangat penting untuk mendukung layanan kesehatan bagi anggota TNI dan keluarganya.
  2. Teknik dan Teknologi Informasi: Seiring dengan perkembangan teknologi, Kementerian Pertahanan membutuhkan tenaga ahli di bidang teknik dan teknologi informasi. Formasi ini meliputi insinyur, analis sistem, dan spesialis keamanan siber.
  3. Administrasi dan Keuangan: Posisi administrasi dan keuangan tetap menjadi salah satu kebutuhan utama. Formasi ini mencakup petugas administrasi, auditor, dan akuntan.
  4. Tenaga Pendidikan dan Pelatihan: Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, Kementerian Pertahanan juga membuka formasi bagi tenaga pendidik dan pelatih. Formasi ini termasuk dosen, instruktur, dan pengembang kurikulum.

Persyaratan Pendaftaran

Untuk dapat mengikuti pendaftaran CASN di Kementerian Pertahanan, calon pelamar harus memenuhi beberapa persyaratan umum dan khusus. Berikut ini adalah persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia (WNI): Pelamar harus merupakan WNI yang dibuktikan dengan KTP yang masih berlaku.
  2. Usia: Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran.
  3. Kualifikasi Pendidikan: Minimal lulusan Diploma (D3) atau Strata 1 (S1) sesuai dengan formasi yang dilamar.
  4. Sehat Jasmani dan Rohani: Pelamar harus sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah.
  5. Bebas Narkoba: Pelamar harus bebas dari penggunaan narkoba yang dibuktikan dengan surat keterangan bebas narkoba.

Persyaratan Khusus

  1. Untuk Formasi Medis: Pelamar harus memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) yang masih berlaku.
  2. Untuk Formasi Teknik: Pelamar harus memiliki sertifikat keahlian atau pengalaman kerja di bidang terkait.
  3. Formasi Disabilitas: Pelamar yang melamar pada formasi disabilitas harus menyertakan surat keterangan dari dokter yang menyatakan jenis dan derajat disabilitasnya.

Tahapan Seleksi

Proses seleksi CASN di Kementerian Pertahanan terdiri dari beberapa tahapan yang harus dilalui oleh setiap pelamar. Berikut ini adalah tahapan seleksi yang akan dilaksanakan.

  1. Seleksi Administrasi: Tahap pertama adalah seleksi administrasi, di mana dokumen dan persyaratan pelamar akan diperiksa.
  2. Tes Kompetensi Dasar (TKD): Setelah lulus seleksi administrasi, pelamar akan mengikuti TKD yang meliputi tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum, dan tes karakteristik pribadi.
  3. Tes Kompetensi Bidang (TKB): Pelamar yang lulus TKD akan melanjutkan ke TKB yang sesuai dengan formasi yang dilamar.
  4. Tes Kesehatan: Tes kesehatan untuk memastikan pelamar sehat jasmani dan rohani.
  5. Wawancara: Tahap terakhir adalah wawancara yang dilakukan oleh tim seleksi dari Kementerian Pertahanan.

Tips dan Trik Lolos Seleksi CASN

Agar berhasil dalam seleksi CASN Kementerian Pertahanan, ada beberapa tips dan trik yang bisa diikuti oleh calon pelamar.

  1. Persiapkan Diri Sejak Dini: Mulailah mempersiapkan diri sejak dini dengan belajar materi-materi yang akan diujikan pada TKD dan TKB.
  2. Pahami Prosedur dan Syarat Pendaftaran: Pastikan untuk memahami seluruh prosedur dan persyaratan pendaftaran agar tidak ada dokumen yang terlewat.
  3. Latihan Soal-Soal: Latihan mengerjakan soal-soal TKD dan TKB dari tahun-tahun sebelumnya untuk meningkatkan kemampuan dan kecepatan dalam mengerjakan tes.
  4. Jaga Kesehatan: Kesehatan adalah faktor penting dalam seleksi, oleh karena itu jaga kesehatan dengan pola makan yang sehat dan rutin berolahraga.
  5. Ikuti Informasi Terbaru: Selalu ikuti informasi terbaru seputar pendaftaran CASN melalui situs resmi Kementerian Pertahanan dan media sosial resmi mereka.

Penutup

Pendaftaran CASN 2024 di Kementerian Pertahanan merupakan kesempatan emas bagi masyarakat Indonesia yang ingin mengabdi kepada negara dan berkarier di sektor pemerintahan.

Dengan persiapan yang matang dan pemahaman yang baik tentang proses seleksi, peluang untuk berhasil menjadi bagian dari Kementerian Pertahanan semakin besar.

Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan menjadi panduan bagi calon pelamar. Selamat berjuang dan semoga sukses!

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *