Bacaan Niat Puasa 1 Muharram 2024 Lengkap Tata Cara dan Keutamaannya yang Harus di Jalankan

Bacaan Niat Puasa 1 Muharram 2024 Lengkap Tata Cara dan Keutamaannya yang Harus di Jalankan

Ragamsumbar.com – 1 Muharram merupakan salah satu hari yang istimewa dalam kalender Islam. Pada hari ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati tahun baru Hijriyah.

Salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dilakukan pada 1 Muharram adalah puasa. Selain sebagai bentuk ibadah, puasa ini juga memiliki banyak keutamaan yang dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT.

Dalam Artikel ini kami akan membahas tentang bacaan niat puasa 1 Muharram, tata cara menjalankannya, serta keutamaannya yang harus dijalankan bagi anda.

Bacaan Niat Puasa 1 Muharram

Bacaan niat puasa sangat penting karena merupakan syarat sahnya puasa. Berikut adalah bacaan niat puasa 1 Muharram.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ مُحَرَّمٍ لِلَّهِ تَعَالَى

Latin: “Nawaitu shauma ghodin ‘an adai sunnati Muharrami lillahi ta’ala”

Artinya: “Saya niat berpuasa sunnah Muharram esok hari karena Allah Ta’ala.”

Dengan membaca niat ini, kita meneguhkan hati untuk menjalankan ibadah puasa dengan niat yang ikhlas semata-mata untuk mencari ridha Allah SWT.

Tata Cara Menjalankan Puasa 1 Muharram

  1. Sahur: Dianjurkan untuk makan sahur sebelum waktu subuh. Meskipun sahur adalah sunnah, ia memiliki banyak keberkahan. Rasulullah SAW bersabda, “Bersahurlah kalian karena dalam sahur itu terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari dan Muslim).
  2. Menahan diri: Selama berpuasa, kita harus menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Ini termasuk makan, minum, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa.
  3. Berdoa: Memperbanyak doa, dzikir, dan istighfar selama berpuasa. Doa orang yang berpuasa memiliki keutamaan dan dijanjikan akan dikabulkan oleh Allah SWT.
  4. Berbuka: Berbuka puasa dilakukan setelah matahari terbenam dengan membaca doa berbuka puasa: “اللهم لك صمت وبك آمنت وعلى رزقك أفطرت” (Latin: Allahumma laka shumtu wa bika aamantu wa ‘ala rizqika afthartu). Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, dan kepada-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka.”

Keutamaan Puasa 1 Muharram

  1. Menghapus Dosa: Puasa di bulan Muharram, terutama pada tanggal 1, diyakini dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Rasulullah SAW bersabda, “Puasa yang paling utama setelah Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, Muharram.” (HR. Muslim).
  2. Mendekatkan Diri kepada Allah: Dengan berpuasa, kita mendekatkan diri kepada Allah SWT, meningkatkan ketaqwaan dan keimanan.
  3. Memperoleh Pahala Besar: Setiap amal kebaikan yang dilakukan di bulan Muharram, termasuk puasa, akan dilipatgandakan pahalanya. Ini adalah kesempatan besar bagi umat Muslim untuk memperbanyak ibadah dan amal baik.
  4. Memperoleh Keberkahan Hidup: Puasa membawa banyak keberkahan dalam hidup, baik di dunia maupun di akhirat. Dengan berpuasa, kita dilatih untuk disiplin, sabar, dan lebih peduli terhadap sesama.

Kesimpulan

Puasa 1 Muharram adalah ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Dengan memahami bacaan niat, tata cara pelaksanaan, dan keutamaannya, kita bisa menjalankan ibadah ini dengan lebih khusyuk dan ikhlas.

Semoga dengan berpuasa pada bulan 1 Muharram 2024, kita semua dapat meraih keberkahan dan ridha dari Allah SWT. Amin yarobalalamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *