Tanggal Hijriah Hari Ini 6 Juli 2024, Cek Jadwalnya!

Tanggal Hijriah Hari Ini 6 Juli 2024 Cek Jadwalnya

Ragamsumbar.com – Hari sabtu tanggal 6 Juli 2024 merupakan tanggal penting dalam kalender Hijriah. Sebagai umat Muslim, mengetahui tanggal Hijriah sangatlah penting karena berbagai ibadah dan perayaan agama didasarkan pada kalender ini. Mari kita lihat lebih dekat mengenai tanggal Hijriah hari ini dan jadwal kegiatan yang berkaitan.

Apa Itu Kalender Hijriah?

Kalender Hijriah, juga dikenal sebagai kalender Islam, merupakan kalender lunar yang digunakan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Kalender ini didasarkan pada siklus bulan mengelilingi bumi, sehingga setiap bulan Hijriah memiliki 29 atau 30 hari.

Tahun Hijriah dimulai dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah, yang terjadi pada tahun 622 Masehi.

Tanggal Hijriah Hari Ini

Tanggal Hijriah hari sabtu 6 juli 2024 adalah 19 Dzulhijjah 1445 H. Bulan Dzulhijjah adalah bulan ke-12 dalam kalender Hijriah dan merupakan bulan yang sangat istimewa bagi umat Muslim karena di bulan ini terdapat hari raya Idul Adha dan pelaksanaan ibadah haji.

Pentingnya Mengetahui Tanggal Hijriah

Mengetahui tanggal Hijriah sangatlah penting bagi umat Muslim karena beberapa alasan, yang harus untuk ketahui antara lain.

  1. Ibadah dan Perayaan: Banyak ibadah dan perayaan dalam Islam yang didasarkan pada kalender Hijriah, seperti puasa Ramadhan, Idul Fitri, Idul Adha, dan ibadah haji.
  2. Penentuan Awal Bulan: Menentukan awal bulan Hijriah sangat penting untuk memulai puasa Ramadhan dan menentukan hari raya.
  3. Sejarah Islam: Kalender Hijriah juga mengingatkan kita pada peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah Islam, seperti hijrahnya Nabi Muhammad SAW dan peristiwa lainnya.

Jadwal Kegiatan Hari Ini

Pada hari sabtu tanggal 6 juli 2024 19 Dzulhijjah 1445 H, ada beberapa kegiatan penting yang biasanya dilakukan oleh umat Muslim.

  1. Melaksanakan Puasa Sunnah: Beberapa umat Muslim melaksanakan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah, terutama pada hari-hari setelah Idul Adha.
  2. Berdoa dan Berdzikir: Memperbanyak doa dan dzikir untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.
  3. Bersilaturahmi: Meneruskan tradisi bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat setelah hari raya Idul Adha.
  4. Mempersiapkan Haji: Bagi yang sedang melaksanakan ibadah haji, tanggal ini merupakan hari-hari terakhir berada di tanah suci sebelum kembali ke tanah air.

Cara Mengetahui Tanggal Hijriah

Ada beberapa cara yang penting bisa digunakan untuk mengetahui tanggal Hijriah untuk hari ini, antara lain sebagai berikut.

  1. Kalender Hijriah Digital: Menggunakan aplikasi kalender Hijriah di smartphone yang bisa diunduh secara gratis.
  2. Pengamatan Bulan: Mengamati hilal (bulan sabit pertama) untuk menentukan awal bulan baru dalam kalender Hijriah.
  3. Media Sosial dan Situs Web Islam: Banyak situs web dan akun media sosial yang menyediakan informasi mengenai tanggal Hijriah setiap harinya.

Kesimpulan

Untuk mengetahui tanggal Hijriah sangat penting bagi umat Muslim untuk menjalankan ibadah dan merayakan hari-hari besar dalam Islam.

Pada tanggal 6 Juli 2024 ini yang bertepatan dengan tanggal 19 Dzulhijjah 1445 H kita dapat melaksanakan berbagai kegiatan keagamaan yang akan semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Jangan lupa untuk selalu memeriksa kalender Hijriah dan mengikuti jadwal kegiatan yangsudah  telah ditentukan. Selamat menjalankan ibadah dan semoga selalu dalam lindungan Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *