Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Hijriah yang Sangat Dianjurkan dalam Agama Islam

Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Baru Hijriah yang Sangat Dianjurkan dalam Agama Islam

Ragamsumbar.com – Tahun Baru Hijriah merupakan momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Tahun Baru Hijriah menandai perpindahan Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Madinah, sebuah peristiwa yang sangat bersejarah dan menjadi titik awal kalender Islam.

Setiap kali menjelang akhir dan awal tahun baru Hijriah, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa sebagai bentuk syukur dan harapan. Berikut adalah bacaan doa akhir dan awal tahun baru Hijriah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Doa Akhir Tahun Hijriah

Doa akhir tahun dibaca pada waktu akhir hari terakhir bulan Zulhijjah, sebelum masuk waktu Maghrib. Doa ini merupakan bentuk permohonan ampun atas segala dosa dan kesalahan yang telah dilakukan selama satu tahun yang lalu serta permohonan keberkahan di tahun yang akan datang. Berikut adalah teks doa akhir tahun

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ تَرْضَهُ وَنَسِيتُهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلُمْتَ عَنِّي بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَأَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْتَغْفِرُكَ مِنْهُ فَاغْفِرْ لِي، وَمَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ يُقَرِّبُنِي إِلَيْكَ فَاقْبَلْهُ مِنِّي، وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِي مِنْكَ يَا كَرِيمُ.

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, keluarganya, dan sahabatnya.

Ya Allah, apa saja yang aku perbuat pada tahun ini dari hal-hal yang Engkau larang dan aku belum bertaubat, sementara Engkau tidak meridhai dan tidak melupakannya dan Engkau telah bersabar padaku padahal Engkau mampu untuk menghukumku.

Serta Engkau telah mengajak aku untuk bertaubat setelah keberanianku dalam melakukan maksiat kepada-Mu maka ampunilah aku, ya Allah. Terimalah amalku yang mendekatkan diriku kepada-Mu, dan janganlah Engkau putus harapanku dari rahmat-Mu, wahai Yang Maha Mulia.

Doa Awal Tahun Hijriah

Doa awal tahun dibaca setelah shalat Maghrib pada hari pertama bulan Muharram. Doa ini merupakan bentuk harapan agar di tahun yang baru, kita diberikan kekuatan, kesehatan, rezeki yang berlimpah, serta selalu berada dalam lindungan Allah SWT. Berikut adalah teks doa awal tahun

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

وَصَلَّى اللَّهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ. اللَّهُمَّ أَنْتَ الْأَبَدِيُّ الْقَدِيمُ الْحَيُّ الدَّائِمُ الَّذِي لَمْ يَزَلْ وَلاَ يَزُولُ، ذُو الْجَلاَلِ وَالإِكْرَامِ، وَمَنَّا عَلَى عَبْدِكَ بِفَضْلِكَ الْعَظِيمِ، أَنْتَ رَبِّي وَرَبُّ كُلِّ شَيْءٍ، فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي وَذُنُوبَ جَمِيعِ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ، فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ.

Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, keluarganya, dan sahabatnya.

Ya Allah Engkaulah yang Abadi, yang Dahulu, yang Hidup, yang Kekal, yang memiliki keagungan dan kemuliaan, dan limpahkanlah karunia-Mu yang besar kepada hamba-Mu ini.

Engkaulah Tuhanku dan Tuhan segala sesuatu maka ampunilah dosa-dosaku dan dosa-dosa semua muslimin dan muslimat, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau.

Pentingnya Membaca Doa di Akhir dan Awal Tahun Hijriah

Membaca doa di akhir dan awal tahun Hijriah sangat penting bagi umat Islam. Doa ini merupakan bentuk introspeksi dan harapan agar kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT.

Dengan membaca doa ini, kita memohon ampunan atas segala dosa yang telah dilakukan serta memohon petunjuk dan keberkahan di tahun yang baru. Selain itu, doa ini juga menjadi pengingat bagi kita untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan.

Semoga kita semua selalu diberikan kekuatan, kesehatan, dan keberkahan oleh Allah SWT di tahun yang baru. Amin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *