Kesehatan

Ternyata Lalapan Mentah Bisa Menyebabkan Gangguan Kesehatan

70
×

Ternyata Lalapan Mentah Bisa Menyebabkan Gangguan Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Lalapan Mentah
Lalapan Mentah. (f/ist)

Ragamsumbar.com – Konsumsi lalapan mentah hari ternyata tidak sebaik atau seaman yang diharapkan. Meskipun sayuran dianggap memiliki manfaat positif untuk tubuh, perlu diperhatikan saat mengonsumsi jenis makanan ini.

Dr. Nadia Alaydrus, seorang dokter dan pendidik kesehatan, menjelaskan bahwa lalapan mentah dapat membawa risiko kesehatan bagi tubuh.

Mikroorganisme seperti Salmonella, E.Coli, Listeria, dan telur cacing dapat ditemukan pada lalapan mentah, sehingga dapat menimbulkan masalah kesehatan akibat bakteri tersebut.

“Ini bisa menginfeksi saluran pencernaan yang dapat menyebabkan mual, muntah, diare, sakit kepala, demam, dan sebagainya,” kata dr. Nadia dalam akun TikToknya @nadialaydrus, Minggu 4 Februari 2024.

Dokter Nadia menyarankan untuk memilih sayuran yang masih segar, tidak layu, dan tidak rusak sebelum dikonsumsi. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan tempat penyimpanan, termasuk pemisahan dengan makanan lain seperti daging mentah atau makanan laut.

Namun, yang lebih penting, lalapan harus dicuci dengan bersih tanpa menggunakan sabun.

“Waktu penyimpanan sebaiknya dipisahkan dari daging mentah atau makanan laut. Saat hendak dikonsumsi, cucilah dengan air mengalir. Tidak perlu menggunakan sabun atau deterjen karena dapat menyebabkan bahan kimia ikut tercampur dengan makanan,” kata dr. Nadia.

Meskipun sayuran dan buah dikenal kaya manfaat, dr. Sienny Agustin dari Alodokter menyoroti delapan jenis sayuran dan buah seperti mentimun, kemangi, kubis, selada, terong, lenca, poh pohan, dan petai.

Namun, selain mengonsumsi lalapan, masyarakat juga dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, berolahraga rutin, cukup minum air, menghindari alkohol, dan tidak merokok.

(*)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *