Kesehatan

Jangan Takut Bau, Ini Manfaat Jengkol untuk Kesehatan

157
×

Jangan Takut Bau, Ini Manfaat Jengkol untuk Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Jengkol
Jengkol. (f/ist)

Ragamsumbar.com – Jengkol adalah buah ajaib yang telah dikenal dan dikonsumsi di Asia Tenggara selama berabad-abad. Meskipun bau khasnya yang kuat mungkin membuat beberapa orang ragu, jengkol sebenarnya memiliki sejumlah manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Buah jengkol adalah salah satu buah yang disukai karena buah jengkol sangat mengundang selera makan, selain itu buah jengkol juga memiliki banyak manfaat. Buah jengkol juga kaya akan karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, fosfor, kalsium, alkaloid, minyak atsiri, steroid, glikosida, tanin, dan saponin

Dikutip dari umsu.ac.id, Ini manfaat jengkol untuk kesehatan:

  • Sumber Protein Berkualitas

Jengkol adalah salah satu sumber protein nabati yang kaya akan asam amino esensial. Protein sangat penting bagi pembentukan otot, pertumbuhan, dan pemeliharaan jaringan tubuh. Dengan mengkonsumsi jengkol, dapat memenuhi kebutuhan protein harian dengan cara yang sehat.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Jengkol mengandung kalsium dan fosfor, dua mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Konsumsi jengkol secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis dan menjaga kepadatan tulang yang optimal.

  • Membantu Pencernaan

Serat yang tinggi dalam jengkol dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan. Jengkol juga mengandung enzim papain yang dapat memecah protein, sehingga memudahkan proses pencernaan dan mencegah sembelit.

  • Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Jengkol kaya akan serat dan fitonutrien yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan mengkonsumsi jengkol secara teratur, kita dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

  • Mengatur Gula Darah

Jengkol memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti konsumsinya tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang drastis. Ini menjadikannya makanan yang baik untuk penderita diabetes atau mereka yang ingin menjaga kadar gula darah stabil.

  • Menyehatkan Kulit

Jengkol mengandung vitamin C dan antioksidan yang membantu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Nutrisi dalam jengkol juga dapat membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

  • Menyediakan Zat Besi

Jengkol mengandung zat besi, yang sangat penting untuk membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Dengan mengkonsumsi jengkol, kita dapat membantu menjaga kesehatan darah dan menghindari gejala kekurangan zat besi.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jengkol mengandung senyawa-senyawa aktif yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ini membantu melawan infeksi, menjaga kesehatan umum, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Jangan Konsumsi Berlebihan, Waspadai Penyakit Ini

Selain memiliki manfaat yang luar biasa, mengkonsumsi jengkol juga ada beberapa penyakit yang harus diwaspadai. Jengkol mengandung senyawa kimia yang dapat mempengaruhi fungsi ginjal, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Oleh karena itu, hindarilah makan jengkol jika mengalami masalah ginjal atau batu ginjal.

Jengkol adalah buah yang mengesankan dengan sejumlah manfaat kesehatan yang tak terduga. Dengan mengonsumsinya dalam porsi yang wajar, dapat merasakan manfaat luar biasa dari keajaiban buah ajaib ini.

(***)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *