Gaya Hidup

Resep Brownies Coklat Panggang Praktis yang Super Lembut dan Moist

20
×

Resep Brownies Coklat Panggang Praktis yang Super Lembut dan Moist

Sebarkan artikel ini
Resep Brownies Coklat Panggang Praktis yang Super Lembut dan Moist

Ragamsumbar.com – Brownies coklat panggang merupakan salah satu jenis kue yang sangat digemari oleh banyak orang. Kue ini terkenal dengan teksturnya yang lembut dan moist, serta rasa coklatnya yang kaya dan lezat.

Dalam artikel ini kami akan berbagi resep brownies coklat panggang praktis yang bisa Anda coba di rumah. Selain itu, kami juga akan memberikan beberapa tips dan trik untuk memastikan brownies Anda selalu berhasil dan enak.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat brownies coklat panggang yang sangat super lembut dan moist, berikut adalah bahan-bahan yang perlu Anda siapkan.

  • 200 gram dark chocolate, potong-potong
  • 150 gram mentega tawar
  • 200 gram gula pasir
  • 3 butir telur
  • 100 gram tepung terigu serbaguna
  • 30 gram coklat bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 100 gram kacang walnut, cincang kasar (opsional)

Alat-alat yang Dibutuhkan

Selain bahan-bahan yang ada di atas tadi yang sudah anda pahami, Anda juga memerlukan beberapa alat dapur yang sangat diperlukan berikut.

  • Mangkuk besar
  • Panci kecil
  • Pengocok (whisk) atau mixer
  • Spatula
  • Loyang ukuran 20×20 cm
  • Kertas roti (parchment paper)
  • Oven

Langkah-langkah Membuat Brownies Coklat Panggang

Berikut adalah langkah-langkah detail untuk membuat brownies coklat panggang yang super lembut dan moist tips dibawah ini.

1. Mempersiapkan Bahan dan Alat

Pertama-tama, pastikan semua bahan sudah disiapkan dan alat-alat yang akan digunakan sudah dalam keadaan bersih. Panaskan oven terlebih dahulu hingga suhu 180 derajat Celsius. Siapkan loyang dengan melapisinya menggunakan kertas roti agar brownies tidak lengket saat diangkat.

2. Melelehkan Coklat dan Mentega

Masukkan dark chocolate dan mentega tawar ke dalam panci kecil. Lelehkan kedua bahan ini dengan menggunakan api kecil sambil terus diaduk hingga benar-benar meleleh dan tercampur rata. Setelah meleleh, angkat dari kompor dan biarkan sedikit mendingin.

3. Mengocok Telur dan Gula

Dalam mangkuk besar, kocok telur dan gula pasir menggunakan whisk atau mixer hingga gula larut dan adonan menjadi agak mengembang. Proses ini penting untuk memberikan tekstur yang lembut pada brownies.

4. Mencampurkan Bahan Basah dan Kering

Tambahkan campuran coklat dan mentega yang sudah dilelehkan ke dalam adonan telur dan gula. Aduk hingga rata. Setelah itu, tambahkan ekstrak vanila dan aduk kembali. Ayak tepung terigu, coklat bubuk, dan garam, lalu masukkan ke dalam adonan. Aduk perlahan dengan spatula hingga semua bahan tercampur dengan baik. Jika Anda suka, tambahkan juga kacang walnut yang sudah dicincang kasar.

5. Memanggang Brownies

Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan. Ratakan permukaan adonan dengan spatula. Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan selama kurang lebih 25-30 menit atau hingga bagian atasnya terlihat kering dan terdapat retakan kecil di permukaan. Untuk memastikan kematangan, Anda bisa menusukkan tusuk gigi ke tengah brownies jika keluar dengan sedikit remahan, berarti brownies sudah matang.

6. Mendinginkan dan Memotong Brownies

Setelah matang, keluarkan brownies dari oven dan biarkan dingin di dalam loyang selama sekitar 15 menit. Setelah itu, angkat brownies dari loyang dengan bantuan kertas roti dan pindahkan ke rak pendingin. Potong-potong brownies sesuai selera setelah benar-benar dingin agar hasil potongan lebih rapi.

Tips dan Trik Agar Brownies Selalu Sukses

  1. Menggunakan Bahan Berkualitas: Kualitas bahan sangat mempengaruhi rasa dan tekstur brownies. Gunakan coklat berkualitas tinggi dan mentega tawar yang segar untuk hasil terbaik.
  2. Mencampur dengan Perlahan: Saat mencampurkan bahan kering ke dalam adonan, lakukan dengan perlahan dan jangan overmix. Overmixing dapat membuat brownies menjadi keras.
  3. Panggang dengan Suhu yang Tepat: Pastikan oven Anda sudah benar-benar panas sebelum memasukkan loyang. Memanggang dengan suhu yang tepat akan memastikan brownies matang merata dan tetap moist.
  4. Menggunakan Kertas Roti: Kertas roti membantu mengangkat brownies dengan mudah dari loyang, menjaga bentuknya tetap rapi, dan mencegah lengket.
  5. Mendinginkan Sebelum Memotong: Biarkan brownies benar-benar dingin sebelum dipotong. Brownies yang masih hangat cenderung lebih lembek dan sulit dipotong rapi.

Variasi Brownies

Anda juga dapat bisa mencoba beberapa variasi brownies dengan menambahkan bahan-bahan berikut yang ada di sinih.

  • Cheesecake Brownies: Tambahkan lapisan adonan cheesecake di atas adonan brownies sebelum dipanggang.
  • Peanut Butter Brownies: Tambahkan beberapa sendok selai kacang di atas adonan brownies dan swirl dengan spatula.
  • Fruit and Nut Brownies: Tambahkan buah kering seperti cranberry atau ceri dan kacang-kacangan seperti almond atau pecan.

Penutup

Brownies coklat panggang yang lembut dan moist memang menjadi favorit banyak orang. Dengan resep yang praktis ini, Anda bisa membuat sendiri di rumah kapan saja Anda ingin menikmati kelezatan brownies yang sempurna.

Jangan ragu untuk bereksperimen dengan berbagai variasi untuk menemukan kombinasi yang paling Anda sukai. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam membuat brownies coklat panggang yang lezat. Jika Anda memiliki tips atau variasi lain, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar. Selamat memasak.

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *