Gadget  

POCO F6 vs POCO F5: Cek Perbandingan Spesifikasi dan Harganya

POCO F6 vs POCO F5 Cek Perbandingan Spesifikasi dan Harganya

Ragamsumbar.com – Poco, sub-brand dari Xiaomi, telah menggemparkan pasar smartphone dengan meluncurkan berbagai perangkat yang menawarkan spesifikasi tinggi dengan harga yang terjangkau. Dua di antaranya yang menarik perhatian banyak orang adalah Poco F6 dan Poco F5.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam perbandingan spesifikasi dan harga antara Poco F6 dan Poco F5 untuk membantu Anda menentukan pilihan terbaik.

Desain dan Build Quality

Poco F6

Poco F6 hadir dengan desain yang elegan dan modern. Bagian depan dilengkapi dengan layar AMOLED 6.67 inci yang dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus, memberikan perlindungan yang baik terhadap goresan dan benturan.

Bagian belakangnya menggunakan material kaca dengan frame metal yang menambah kesan premium pada smartphone ini.

Poco F5

Di sisi lain, Poco F5 juga memiliki desain yang menarik namun sedikit berbeda dari F6. Layarnya sedikit lebih kecil, yaitu 6.5 inci dengan teknologi IPS LCD.

Meski tidak sebaik AMOLED, layar ini masih mampu memberikan kualitas gambar yang cukup baik. Bagian belakangnya terbuat dari plastik, yang membuatnya sedikit kurang premium dibandingkan F6, namun tetap kokoh dan tahan lama.

Layar

Poco F6

Poco F6 dilengkapi dengan layar AMOLED 6.67 inci yang mendukung resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Layar ini juga mendukung refresh rate 120Hz yang memberikan pengalaman visual yang sangat halus, terutama saat bermain game atau menonton video.

Poco F5

Poco F5 memiliki layar IPS LCD 6.5 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Refresh rate layar ini juga mendukung hingga 90Hz, yang meskipun lebih rendah dibandingkan dengan Poco F6, tetap memberikan pengalaman yang baik untuk penggunaan sehari-hari.

Performa

Poco F6

Poco F6 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1, salah satu prosesor terbaik di pasaran saat ini. Didukung dengan RAM hingga 12GB dan penyimpanan internal hingga 256GB, Poco F6 mampu menjalankan berbagai aplikasi dan game berat dengan sangat lancar tanpa mengalami lag.

Poco F5

Sementara itu, Poco F5 menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 870, yang meskipun tidak sekuat Snapdragon 8 Gen 1, masih sangat mumpuni untuk menjalankan aplikasi dan game yang membutuhkan performa tinggi. RAM yang tersedia adalah hingga 8GB dengan opsi penyimpanan internal hingga 128GB.

Kamera

Poco F6

Poco F6 dilengkapi dengan setup kamera belakang triple, terdiri dari kamera utama 64MP, kamera ultra-wide 13MP, dan kamera makro 5MP. Kamera depannya memiliki resolusi 20MP, cocok untuk selfie dan video call dengan kualitas tinggi. Kamera ini juga mendukung perekaman video 8K.

Poco F5

Poco F5 juga memiliki setup kamera belakang triple, namun dengan konfigurasi yang sedikit berbeda. Kamera utamanya 48MP, kamera ultra-wide 8MP, dan kamera makro 2MP. Kamera depan Poco F5 memiliki resolusi 16MP. Meski resolusi kameranya lebih rendah, hasil jepretannya tetap memuaskan untuk kebutuhan sehari-hari dan mendukung perekaman video hingga 4K.

Baterai dan Pengisian Daya

Poco F6

Poco F6 dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh yang mendukung pengisian cepat 67W. Dengan teknologi ini, Anda dapat mengisi daya dari 0 hingga 100% dalam waktu kurang dari satu jam, sangat berguna untuk pengguna dengan mobilitas tinggi.

Poco F5

Poco F5 juga memiliki baterai berkapasitas 5000mAh namun dengan dukungan pengisian cepat 33W. Meskipun pengisian dayanya lebih lambat dibandingkan Poco F6, tetap cukup cepat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sistem Operasi dan Antarmuka

Poco F6

Poco F6 berjalan di atas MIUI 13 berbasis Android 12, memberikan berbagai fitur terbaru dan peningkatan kinerja. Antarmuka MIUI 13 terkenal dengan berbagai opsi kustomisasi dan fitur tambahan yang membuat pengalaman pengguna lebih baik.

Poco F5

Poco F5 juga menjalankan MIUI 13 berbasis Android 12. Meski menggunakan chipset yang berbeda, antarmuka dan fitur-fitur yang ditawarkan tetap sama, memberikan pengalaman yang konsisten di seluruh perangkat Poco terbaru.

Konektivitas dan Fitur Tambahan

Poco F6

Poco F6 mendukung jaringan 5G, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, dan NFC. Fitur-fitur tambahan lainnya termasuk sensor sidik jari di dalam layar, dual speaker stereo dengan dukungan Dolby Atmos, dan sertifikasi IP53 untuk ketahanan terhadap debu dan percikan air.

Poco F5

Poco F5 juga mendukung jaringan 5G, namun hanya Wi-Fi 6, Bluetooth 5.1, dan NFC. Sensor sidik jarinya terletak di samping, terintegrasi dengan tombol power. Poco F5 juga dilengkapi dengan dual speaker stereo, namun tidak memiliki dukungan Dolby Atmos dan sertifikasi IP53.

Harga

Poco F6

Harga Poco F6 bervariasi tergantung pada konfigurasi RAM dan penyimpanan yang dipilih. Berikut adalah kisaran harga untuk Poco F6.

  • 8GB/128GB: Rp 6.000.000
  • 12GB/256GB: Rp 7.500.000

Poco F5

Poco F5 juga tersedia dalam beberapa varian harga tergantung pada konfigurasi RAM dan penyimpanan.

  • 6GB/128GB: Rp 4.500.000
  • 8GB/128GB: Rp 5.000.000

Kesimpulan

Memilih antara Poco F6 dan Poco F5 bergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Poco F6 menawarkan performa lebih tinggi, layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz, dan build quality yang lebih premium. Cocok untuk pengguna yang membutuhkan performa terbaik dan bersedia membayar lebih.

Sementara itu, Poco F5 merupakan pilihan yang sangat baik bagi mereka yang mencari smartphone dengan performa yang masih sangat baik namun dengan harga yang lebih terjangkau. Dengan layar IPS yang cukup baik, kamera yang mumpuni, dan baterai yang tahan lama, Poco F5 adalah pilihan yang seimbang antara performa dan harga.

Dengan memahami perbedaan spesifikasi dan harga antara Poco F6 dan Poco F5, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Keduanya adalah pilihan yang kuat di kelasnya masing-masing dan menawarkan nilai yang luar biasa untuk harganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *