CaraKesehatan

8 Manfaat Buah Bit dengan Segudang Nutrisi dan Cara Terbaik Untuk Mengkonumsinya

76
×

8 Manfaat Buah Bit dengan Segudang Nutrisi dan Cara Terbaik Untuk Mengkonumsinya

Sebarkan artikel ini
8 Manfaat Buah Bit dengan Segudang Nutrisi dan Cara Terbaik Untuk Mengkonumsinya

Ragamsumbar.com – Buah bit, yang dikenal juga dengan nama beetroot, adalah sebuah sayuran akar dengan warna merah cerah yang tidak hanya indah dilihat tetapi juga penuh dengan berbagai nutrisi.

Manfaat kesehatan dari buah bit dapat diatribusikan kepada kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi delapan manfaat kesehatan utama dari buah bit dan cara terbaik untuk mengonsumsinya.

1. Meningkatkan Stamina

Buah bit kaya akan nitrates, yang tubuh ubah menjadi nitric oxide. Nitric oxide membantu memperluas pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan menurunkan tekanan darah, yang semuanya dapat meningkatkan stamina olahraga dan kinerja fisik.

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Kandungan nitrat dalam buah bit juga membantu menurunkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Selain itu, serat dan antioksidan dalam buah bit mendukung kesehatan kardiovaskular dengan mengurangi kadar kolesterol dan melindungi pembuluh darah.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Nitric oxide yang dihasilkan dari nitrat dalam buah bit dapat meningkatkan aliran darah ke otak, yang berkaitan dengan peningkatan fungsi kognitif, terutama pada lansia. Ini dapat membantu melawan penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia.

4. Anti-Inflamasi

Betaine, sebuah nutrisi yang ditemukan dalam buah bit, memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan akibat stres lingkungan.

5. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Serat tinggi dalam buah bit membantu dalam memelihara kesehatan pencernaan dengan mencegah kondisi seperti sembelit dan mendukung bakteri baik dalam usus.

6. Mencegah Kekurangan Zat Besi

Buah bit merupakan sumber zat besi yang baik, yang penting untuk mencegah anemia dan mendukung produksi sel darah merah.

7. Antioksidan Kuat

Buah bit kaya akan antioksidan, termasuk betalains, yang memberi buah bit warnanya yang cerah. Antioksidan ini membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat mencegah beberapa jenis kanker.

8. Mendukung Kesehatan Hati

Nutrisi dalam buah bit, seperti betaine, vitamin B, zat besi, dan antioksidan, mendukung kesehatan hati dengan melindungi terhadap penumpukan lemak, mereduksi peradangan, dan meningkatkan detoksifikasi.

Cara Terbaik Untuk Mengonsumsi Buah Bit

  • Mentah: Memarut buah bit mentah ke dalam salad adalah cara terbaik untuk mempertahankan semua nutrisi.
  • Dikukus atau Direbus: Memasak buah bit dengan cara ini dapat membuatnya lebih mudah dicerna dan memperkaya rasa manisnya.
  • Dijus: Membuat jus buah bit adalah cara yang baik untuk mendapatkan konsentrasi tinggi nutrisi dan nitrat.
  • Dipanggang: Buah bit dipanggang dapat dijadikan sebagai camilan sehat atau tambahan yang lezat untuk salad.

Dalam mengonsumsi buah bit, penting untuk dicatat bahwa buah bit dapat memberikan warna merah pada urin atau feses bagi sebagian orang, kondisi yang dikenal sebagai beeturia, yang sepenuhnya tidak berbahaya.

Dengan berbagai manfaat kesehatan dan cara pengolahan yang mudah, buah bit adalah tambahan yang berharga untuk diet sehari-hari. Mulailah mengintegrasikan buah bit ke dalam makanan Anda dan nikmati berbagai manfaat kesehatannya.

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *