Cara

Cara Mudah Untuk Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Tanpa Aplikasi

50
×

Cara Mudah Untuk Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Tanpa Aplikasi

Sebarkan artikel ini
Cara Mudah Untuk Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Tanpa Aplikasi

Ragamsumbar.com – BPJS Ketenagakerjaan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan) adalah lembaga yang bertanggung jawab atas program jaminan sosial bagi para pekerja di Indonesia.

Salah satu layanan yang disediakan oleh BPJS Ketenagakerjaan adalah kemudahan untuk memeriksa saldo jaminan yang dimiliki oleh para peserta.

Dengan kemajuan teknologi, sekarang Anda dapat melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online, bahkan tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Akses Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

Langkah pertama adalah mengunjungi situs web resmi BPJS Ketenagakerjaan. Pastikan Anda mengakses situs yang sah dan terpercaya untuk menghindari risiko keamanan data pribadi Anda.

Situs web resmi BPJS Ketenagakerjaan menyediakan berbagai layanan online, termasuk pengecekan saldo.

2. Login atau Daftar sebagai Pengguna

Jika Anda sudah memiliki akun, cukup masuk dengan kredensial yang sesuai. Namun, jika Anda belum memiliki akun, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu.

Proses pendaftaran biasanya melibatkan pengisian formulir dengan informasi pribadi dan nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda.

3. Pilih Menu Pengecekan Saldo

Setelah masuk ke akun Anda, cari menu yang berkaitan dengan pengecekan saldo atau informasi kepesertaan.

Biasanya, ini dapat ditemukan di bagian “Layanan” atau “Informasi Kepesertaan”. Klik pada opsi tersebut untuk melanjutkan.

4. Masukkan Informasi yang Diperlukan

Situs web akan meminta Anda untuk memasukkan informasi tertentu, seperti nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda atau informasi pribadi lainnya.

Pastikan Anda mengisi informasi dengan benar dan teliti untuk memastikan keakuratan hasil yang Anda terima.

5. Periksa Saldo Anda

Setelah memasukkan informasi yang diperlukan, situs web akan menampilkan saldo jaminan Anda. Anda dapat melihat jumlah total yang Anda miliki serta rincian lainnya seperti kontribusi terakhir, tanggal pembayaran terakhir, dan informasi penting lainnya.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online Melalui Aplikasi JMO

Selain melalui situs web resmi BPJS Ketenagakerjaan, Anda juga dapat dengan mudah memeriksa saldo BPJS Ketenagakerjaan menggunakan aplikasi JMO (Jaminan Mitra Online).

Aplikasi ini menyediakan berbagai layanan terkait jaminan sosial, termasuk pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Unduh dan Instal Aplikasi JMO

Langkah pertama adalah mengunduh aplikasi JMO dari toko aplikasi resmi, baik itu Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS. Pastikan Anda mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya untuk keamanan data Anda.

2. Login atau Daftar sebagai Pengguna

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi JMO, buka aplikasi tersebut di perangkat Anda. Jika Anda sudah memiliki akun, masuklah dengan kredensial yang sesuai.

Namun, jika Anda belum memiliki akun, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu dengan mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang disediakan.

3. Pilih Menu Pengecekan Saldo

Setelah masuk ke akun Anda, cari menu yang berkaitan dengan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Biasanya, ini dapat ditemukan di bagian “Layanan” atau “Pengecekan Saldo”. Klik pada opsi tersebut untuk melanjutkan.

4. Masukkan Informasi yang Diperlukan

Aplikasi JMO akan meminta Anda untuk memasukkan informasi tertentu, seperti nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Anda atau informasi pribadi lainnya.

Pastikan Anda mengisi informasi dengan benar dan teliti untuk memastikan keakuratan hasil yang Anda terima.

5. Periksa Saldo Anda

Setelah memasukkan informasi yang diperlukan, aplikasi JMO akan menampilkan saldo jaminan Anda. Anda dapat melihat jumlah total yang Anda miliki serta rincian lainnya seperti kontribusi terakhir, tanggal pembayaran terakhir, dan informasi penting lainnya.

Kesimpulan

Dengan perkembangan teknologi, memeriksa saldo BPJS Ketenagakerjaan menjadi lebih mudah dan efisien. Baik melalui situs web resmi BPJS Ketenagakerjaan maupun menggunakan aplikasi JMO.

Anda dapat dengan cepat mengakses informasi tentang saldo jaminan Anda tanpa perlu repot-repot mengunjungi kantor atau mengunduh aplikasi tambahan.

Pastikan untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda dan selalu mengakses situs atau aplikasi resmi untuk keamanan yang lebih baik.

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *