BeritaKemnaker

Menaker Puji Kontribusi Delegasi Indonesia di International Labour Conference

22
×

Menaker Puji Kontribusi Delegasi Indonesia di International Labour Conference

Sebarkan artikel ini
Menaker Ida Fauziyah bersama Delegasi Indonesia di International Labour Conference
Menaker Ida Fauziyah bersama Delegasi Indonesia di International Labour Conference. (f/humas)

Ragamsumbar.com – Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Menaker RI), Ida Fauziyah, mengadakan jamuan makan siang bersama delegasi tripartit (pekerja, pengusaha, dan pemerintah) Indonesia yang mengikuti Konferensi Perburuhan Internasional/International Labour Conference (ILC) ke-112.

Dalam sambutannya, Menaker Ida menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada delegasi Indonesia yang berpartisipasi aktif dalam konferensi ini.

“Saya mengapresiasi semua delegasi Indonesia dalam forum ILC ini. Saya dengar delegasi Indonesia menjadi contoh negara lain dalam keikutsertaan dalam ILC ini sebagai delegasi yang kompak. Semoga kekompakan kita bisa terus dibawa sampai Indonesia,” ujar Ida, Jenewa, Sabtu 8 Juni 2024.

Ida juga menekankan pentingnya memperkuat dialog sosial dalam menghadapi tantangan global seperti teknologi kecerdasan buatan, ekonomi hijau, dan ekonomi platform.

“Kita perlu memastikan juga ekosistem ketenagakerjaan nasional selaras dengan prinsip kerja layak dan standar internasional,” tambahnya.

Tema ILC tahun ini, “Menuju Kontrak Sosial yang Diperbarui”, lanjut Ida diharapkan dapat menjadi dorongan bagi semua konstituen ILO untuk menyikapi kondisi global saat ini.

“Saya mengajak seluruh delegasi Indonesia untuk aktif dalam diskusi dan pembahasan serta membangun jaringan dengan ILO dan negara anggota lainnya,” kata Ida.

Isu-isu penting lainnya yang dibahas dalam ILC meliputi ekonomi perawatan dan pelindungan terhadap bahaya biologis. Menaker Ida menegaskan bahwa hasil diskusi ILC akan berdampak signifikan terhadap dunia ketenagakerjaan di Indonesia.

“Kita harus siap mengimplementasikan hasil-hasil ILC agar dapat memberikan manfaat maksimal bagi tenaga kerja dan pengusaha di Indonesia,” tegasnya

Selain itu, Menaker Ida mengapresiasi dukungan dari serikat pekerja dan organisasi pengusaha dalam perayaan May Day 2024 yang berlangsung dengan aman dan tertib.

“Semoga kemitraan tripartit yang harmonis ini dapat terus kita jaga dan tingkatkan,” harapnya.

Pada kesempatan itu, Menaker Ida berharap partisipasi delegasi Indonesia dalam ILC tahun ini dapat memperkuat ekosistem ketenagakerjaan nasional, mewujudkan kerja layak, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Jamuan makan siang berlangsung dalam suasana hangat dan penuh kebersamaan, mempererat hubungan dan kerja sama di antara delegasi tripartit Indonesia.

(*)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *