BeritaJawa Tengah

Puluhan Bintara Baru Polisi Ikuti Tradisi Pembaretan di Mapolres Purworejo

26
×

Puluhan Bintara Baru Polisi Ikuti Tradisi Pembaretan di Mapolres Purworejo

Sebarkan artikel ini
Bintara Baru Polisi Ikuti Tradisi Pembaretan di Mapolres Purworejo
Bintara Baru Polisi Ikuti Tradisi Pembaretan di Mapolres Purworejo. (f/humas)

Ragamsumbar.com – Sebagai langkah awal menjadi polisi sejati, puluhan Bintara remaja baru yang ditugaskan di Polres Purworejo, Polda Jateng, mengikuti tradisi pembaretan, Jumat 29 Mei 2024.

Kegiatan dimulai dengan apel kesiapan di lapangan apel Mapolres Purworejo, Jawa Tengah.

Kapolres Purworejo, AKBP Eko Sunaryo, diwakili Wakapolres Kompol Fadli, menyampaikan bahwa tradisi pembaretan ini merupakan momen penting dan menjadi acuan dalam pelaksanaan tugas di masa depan.

Pemasangan baret Sabhara menjadi simbol masuknya mereka ke dunia baru sebagai polisi sejati.

Kegiatan tradisi dimulai dari apel kesiapan, long march, praktik pembuatan batu bata di Winong dan kegiatan pembinaan rohani di Masjid Seren. Setelah melaksanakan isoma di Masjid Seren kemudian dilanjutkan long march kembali ke Mapolres Purworejo.

Kompol Fadli menjelaskan bahwa pembaretan adalah tradisi yang dilaksanakan setiap kali ada penerimaan Bintara baru.

“Tradisi ini tidak hanya menandai masuknya mereka ke dunia baru, tetapi juga sebagai langkah menumbuhkan kesadaran nilai moral awal sebagai Brigadir Polri yang baru,” terangnya.

Setelah menjalani serangkaian long march dan kegiatan tradisi, sekitar pukul 15.00 WIB, personel Bintara baru sampai di Mapolres dan dilanjutkan kegiatan pembaretan yang dipimpin oleh Kapolres Purworejo.

Pembaretan juga sebagai tradisi yang mengajarkan anggota baru untuk menghargai senior (hierarki) serta meningkatkan rasa hormat dan ketanggapan saat menerima perintah.

Sebanyak 19 personel Bintara baru angkatan 49 dan 50 ini diharapkan dapat membentuk mental yang tangguh dan loyal terhadap tugas.

“Kami berharap para bintara remaja dapat menjalankan tugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat yang profesional. Tradisi ini juga memberikan kebanggaan dan kekompakan sebagai anggota Polri dalam menjalankan tugas sebagai aparat Kepolisian” ungkap AKBP. Eko Sunaryo.

Selain menandai masuknya mereka ke dunia baru, tradisi pembaretan juga sebagai pengenalan wilayah dan pembentukan fisik yang prima bagi para Bintara remaja.

Kapolres Purworejo berharap para bintara remaja bisa menjalankan tugas kepolisian dengan baik,dan menjadikan angkatan ini solid, kompak, dan bertanggung jawab.

Tradisi turun temurun ini diharapkan dapat memperkuat rasa persaudaraan dan kebanggaan sebagai anggota Polri.

(fix)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *