BeritaPolitik

Pengamat Tak Yakin Anies Baswedan Dapat Dukungan Parpol Perubahan di Pilkada Jakarta

20
×

Pengamat Tak Yakin Anies Baswedan Dapat Dukungan Parpol Perubahan di Pilkada Jakarta

Sebarkan artikel ini
Pengamat Politik Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin
Pengamat Politik Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin

Ragamsumbar.com – Pengamat Politik Universitas Al Azhar, Ujang Komaruddin mengaku tak yakin bahwa Anies Baswedan bakal kembali diusung maupun didukung oleh Partai Politik (Parpol) perubahan yaitu PKB, NasDem dan PKS yang mendukungnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 kemarin.

Pasalnya, ketiga parpol tersebut sebelumnya sudah menegaskan akan mendorong kader internalnya untuk maju di Pilkada.

“Kalau saya tidak yakin PKS, NasDem bahkan PKB belum pasti mau mendukung Anies. PKS sendiri akan mendukung kadernya lalu NasDem ada Ahmad Sahroni walaupun Surya Paloh membuka ruang Anies dicalonkan kembali dan PKB dia punya kader internal Ida Fauziyah. Jadi saya kira agak berat mencari koalisi saat ini bagi Anies, walaupun memang Anies dianggap kuat di Jakarta apalagi incumbent. Tetapi hari tantangan Anies di Pilkada 2024 adalah parpol yang akan mengusung dan pendukung saampai hari ini belum ada,” kata Ujang, Rabu 22 Mei 2024.

Untuk itu, Ujang pesimis jika ketiga parpol itu mau mendukung Anies karena peta politik sudah berubah. Ditambah lagi, Partai Gerindra sebagai parpol penguasa di Jakarta dan Prabowo sebagai Presiden dari parpol partai berlambang Kepala Garuda Emas ini sudah menegaskan tidak akan mengusung Anies.

“Jadi, saya yakin PKS, NasDem dan PKB tidak yakin mendorong Anies kembali karena petanya sudah berubah. Apalagi Gerindra yang dulu mendukung Anies tidak mendukung karena punya kader sendiri akan didorong ditambah Gerindra adalah parpol penguasa ketika Pilkada Jakarta karena Prabowo akan dilantik 20 Oktober dan Pilkada akan digelar 27 November,” ujarnya.

“Dan saya melihat dalam konteks itu agak sulit. Anies yang katanya di klaim PKB, PKS dan NasDem saya masih belum yakin dan kita lihat saja dinamikanya tersebut,” tegas Ujang.

(*/eki)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *