BeritaJawa Tengah

UMKM Punya Peran Strategis bagi Pertumbuhan Ekonomi

23
×

UMKM Punya Peran Strategis bagi Pertumbuhan Ekonomi

Sebarkan artikel ini
Ditjen Bina Bangda Kemendagri membuka stan bersama mitra Bank BJB di HUT Dekranas
Ditjen Bina Bangda Kemendagri membuka stan bersama mitra Bank BJB di HUT Dekranas. (f/ist)

Ragamsumbar.com – Peringatan HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-44 di Surakarta berlangsung meriah, dihadiri oleh berbagai instansi, termasuk Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Kemendagri.

Dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu 22 Mei 2024, Ditjen Bina Bangda Kemendagri berperan aktif dalam pameran dengan membuka stan bersama mitra Bank BJB.

Stan ini menampilkan produk unggulan dari UMKM binaan, seperti Numansa Batik (Kediri), GENSA (Gunungkidul), dan Batik Karlina (Surakarta).

UMKM binaan ini merupakan pelaku usaha di bidang Wastra dan Kriya yang memamerkan produk unggulan pada pameran tersebut.

Dengan desain etnik dan corak Batik Megamendung, stan tersebut berhasil mencuri perhatian pengunjung. Terlebih dipadukan dengan hasil karya lukisan Presiden Jokowi bersama cucunya, Jan Ethes yang berasal dari ampas Kopi menjadi magnet daya tarik tersendiri.

“Stan ini memiliki lokasi strategis, dekat dengan pintu masuk utama dan panggung utama,” ujar Dirjen Bina Bangda, Restuardy Daud, yang hadir langsung untuk meninjau pameran.

Menurutnya, pameran ini juga mendorong pengembangan budaya lokal serta menjaga warisan budaya dan tradisi lokal, sekaligus agar bisa menjadi unggulan daerah.

“UMKM mempunyai peran yang strategis bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ucapnya.

Untuk diketahui, selama 44 tahun ini Dekranas menjadi tonggak dalam pengembangan kerajinan dan produk kekayaan Indonesia untuk bisa dilirik di mata internasional. Peringatan HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-44 di Surakarta dibuka oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang juga merupakan Pembina Dekranas.

Acara yang berlangsung dari 14-18 Mei 2024 ini mengusung tema “Tumbuh Bersama, Majukan Warisan Bangsa”, dengan tujuan memajukan pelaku usaha kriya dan wastra Nusantara.

(*)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *