BeritaJawa Timur

KPU Kota Batu Gelar Media Gathering untuk Sukseskan Pilkada 2024

25
×

KPU Kota Batu Gelar Media Gathering untuk Sukseskan Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini
KPU Kota Batu Gelar Media Gathering untuk Sukseskan Pilkada 2024
KPU Kota Batu Gelar Media Gathering untuk Sukseskan Pilkada 2024. (f/muhamad rochman)

Ragamsumbar.com – KPU Kota Batu berkomitmen membangun sinergi bersama awak media dalam rangka mensukseskan Pilkada Kota Batu 2024.

Acara ini diadakan pada Selasa, 14 Mei 2024, pukul 15.30 hingga 19.00 WIB, bertempat di Hortensia Cafe & Resto (Kusuma Agrowisata Hotel) Kota Batu, Jawa Timur.

Hadir dalam acara ini Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto, Sekretaris KPU Kota Batu Rudi Gumilar, mantan wartawan Suara Indonesia sekaligus budayawan Kota Batu Slamet Hendro Kusumo MM, dan Marlina dari KPU Kota Batu Divisi Sosdiklih, Parmas, SDM. Para awak media juga turut serta dalam acara ini.

Acara Media Gathering Pelaksanaan Pilkada Tahun 2024 ini bertujuan sebagai ajang diseminasi tahapan pilkada sekaligus sharing informasi.

Heru Joko Purwanto menyampaikan komitmennya dalam mensukseskan Pilkada 2024.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir, khususnya teman-teman media, atas peran aktif mereka dalam mensukseskan Pilkada 2024 yang akan datang. Selain itu, saya bisa informasikan bahwa minat partisipasi masyarakat Kota Batu pada Pemilu 2024 meningkat 28 persen. Ini tidak terlepas dari peran media dalam men-frame kegiatan KPU, sehingga masyarakat tergerak dan bergairah untuk lebih mengetahui dan memantau pelaksanaan Pemilu 2024,” ungkap Heru.

Slamet Hendro Kusumo, yang juga mantan wartawan Suara Indonesia serta budayawan Kota Batu, menjadi narasumber dalam acara ini. Ia memaparkan tentang pemberitaan yang baik (good news) dan buruk (bad news).

“Kalau saya lebih suka menyebutnya berita inspiratif. Wartawan tidak hanya menulis profil tokoh, tetapi juga harus bisa menggali lebih dalam apa, kenapa, dari hatinya yang terdalam secara tergerak untuk membangun Kota Batu. Selain itu, kita harus tahu siapa sang calon ini, misalnya kenapa mencalonkan diri menjadi Wali Kota Batu dan hal lain yang belum terkuak dari substansi tokoh dalam rangka pencalonannya,” katanya.

Slamet juga memberikan wejangan tentang bagaimana wartawan harus mampu memberikan interpretasi tokoh yang belum ditangkap oleh masyarakat, sehingga akan mengenalkan sang tokoh kepada masyarakat.

Marlina dari Divisi Sosdiklih, Parmas, SDM KPU Kota Batu, menjelaskan terkait tahapan-tahapan pemilu, termasuk target nasional.

“Pada tahun 2019, KPU Kota Batu mencapai 77% jumlah pemilih. Sedangkan pada tahun 2024, ada kenaikan jumlah menjadi 82% dari partisipasi masyarakat, dan itu menunjukkan target kita tercapai,” urainya.

Marlina juga menjelaskan tahapan KPU nantinya, yaitu pendaftaran calon pada 27-29 Agustus, penetapan calon pada 22 September, kampanye pada 25 November, dan pemungutan suara pada 27 November 2024.

Dengan komitmen bersama dan partisipasi aktif dari semua pihak, diharapkan Pilkada Kota Batu 2024 dapat berjalan dengan sukses dan lancar.

(Rmn)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *