BeritaKemensos

Kemensos Lanjutkan Kerja Sama Search and Rescue dengan Basarnas

20
×

Kemensos Lanjutkan Kerja Sama Search and Rescue dengan Basarnas

Sebarkan artikel ini
Kemensos Lanjutkan Kerja Sama Search and Rescue dengan Basarnas
Kemensos Lanjutkan Kerja Sama Search and Rescue dengan Basarnas. (f/humas)

Ragamsumbar.com – Menteri Sosial Tri Rismaharini menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding /MoU) antara Kementerian Sosial (Kemensos) dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam hal operasi pencarian dan pertolongan atau Search and Rescue (SAR) korban bencana di Gedung Basarnas, Jakarta, Selasa 14 Mei 2024 siang.

Kerja sama selama ini sudah berjalan dan MoU ditandatangani setiap lima tahun untuk diperpanjang atau dilanjutkan kembali.

“Kita sudah menjalin kerja sama sejak dulu dan sudah selesai. Ini perpanjangannya,” kata Mensos Risma di Jakarta.

Mensos Risma mengatakan, Kemensos dan Basarnas selama ini selalu bersinergi terutama dalam penanganan bencana-bencana di Indonesia.

Saat bencana melanda, tim dari Basarnas langsung bergerak untuk mencari dan menyelamatkan para korban, sementara Kemensos menyiapkan segala kebutuhan para penyintas misalnya tenda dan berbagai keperluan di pengungsian.

Mensos Risma juga mengapresiasi kerja keras Basarnas dalam penanganan bencana di lapangan.

“Saya tahu persis karena saya orang lapangan. Basarnaslah yang membuka jalan bagi Kemensos untuk menolong para korban. Dalam kondisi sulit, kondisi gelap, kondisi apa pun yang tak terbayangkan, di sana teman-teman Basarnas selalu hadir,” ungkap Mensos Risma.

Dalam penanganan bencana, Taruna Siaga Bencana (Tagana) senantiasa siap siaga dalam membantu pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan. Hal tersebut mendapatkan apresiasi dari Kepala Basarnas Marsdya TNI Kusworo.

“Kerja sama antara Basarnas dan Kemensos RI telah berjalan dengan baik dan lancar. Hal tersebut dibuktikan dengan berperan aktifnya Kemensos dalam mendukung Basarnas dalam penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan. Salah satunya berupa keterlibatan aktif dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang berada di bawah Kemensos pada berbagai operasi SAR, termasuk juga pada pelatihan SAR,” ungkap Kusworo dalam sambutannya.

Kusworo berharap kerja sama Kemensos dan Basarnas yang ditandai dengan penandatanganan MoU, dapat lebih mengoptimalkan kolaborasi antara Kemensos dengan Basarnas. Kerjasama tersebut tentunya diharapkan agar membawa manfaat lebih besar bagi masyarakat.

(*)

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *