BeritaJawa Barat

Universitas Muhammadiyah Cirebon Bersama 172 PTMA se-Indonesia Gelar Aksi Bela Palestina

33
×

Universitas Muhammadiyah Cirebon Bersama 172 PTMA se-Indonesia Gelar Aksi Bela Palestina

Sebarkan artikel ini
Universitas Muhammadiyah Cirebon Gelar Aksi Bela Palestina
Universitas Muhammadiyah Cirebon Gelar Aksi Bela Palestina. (f/ist)

Ragamsumbar.com – Aksi Bela Palestina dan Kutuk Israel di Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) berjalan lancar. Kegiatan ini juga digelar serentak di 172 kampus Muhammadiyah-Aisyiyah (PTMA) se- Indonesia pada Selasa, 7 Mei 2024.

Dosen, Mahasiswa, Karyawan, Organisasi Mahasiswa, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dan BEM UMC menyuarakan free-free palestine yang berkemundang seantero Kampus II UMC di Jl. Fatahillah, Watubelah, Kec. Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat pun menambah semangat.

Tampak bendera merah putih dan Palestina yang berkibar dengan gagah di Gerbang Kampus II UMC.

Selain itu, terdapat poster bertuliskan Free Palestine dan Save Palestine-Save Humanity yang dibawa oleh sebagian besar Civitas UMC.

Rektor UMC, Arif Nurudin menyatakan dukungannya untuk Palestina merdeka seraya mengutuk keras kebiadaban Israel yang merampas dan menduduki tanah Palestina secara ilegal seabad lamanya. Selama itu pula kejahatan demi kejahatan dipertontonkan oleh rezim zionis.

Dalam orasinya, Arif menyerukan dunia Islam harus bersatu membela palestina dan menyetop seluruh hubungan diplomatik dengan Israel.

Jika negara-negara seperti Chile dan Kolombia yang tegas mengusir Dubes Israel, maka sejatinya negara-negara Arab yang menjalin hubungan dengan Israel juga harus melakukan hal yang serupa. Bukan berdiam diri dan hanya memberikan pernyataan-pernyataan yang tak mencerminkan kepedulian terhadap Palestina.

“Sikap bangsa Indonesia dari awal tetap mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina terhadap agresi Zionis Israel. Presiden pertama RI Soekarno tahun 1962 menyatakan, selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menentang penjajahan Israel,” tutur Arif.

Bagi Arif, membela Palestina bagi mereka yang memiliki jiwa kemanusiaan. Tujuan dari aksi ini adalah untuk menunjukkan solidaritas terhadap Palestina dan mengutuk penindasan oleh Israel.

“Satu abad konflik Israel-Palestina tidak kunjung berujung. Hal ini tidak lepas dari misi Zionis Israel untuk menguasai tanah Palestina. Berbagai serangan, penindasan, pengusiran, dan pembunuhan dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina,” ujar Arif.

Kami kini hadir di Google News
Banner 120x600 pixels

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *