Peringatan Mayday, Polresta Magelang Kawal Aksi Damai Buruh

Aksi Damai Buruh di Magelang, Jawa Tengah
Aksi Damai Buruh di Magelang, Jawa Tengah. (f/humas)

Ragamsumbar.com – Dalam rangka pengamanan peringatan Hari Buruh Internasional (Mayday), Polresta Magelang menerjunkan personel dari Satuan Dalmas. Perkuatan keamanan dibantu dari personel TNI dan Satpol PP, dengan total personel pengamanan 162 orang.

Kegiatan berlangsung di Stadion Gemilang Kabupaten Magelang, Rabu 1 Mei 2024, pukul 11.00 hingga pukul 13.00 WIB.

Kegiatan peringatan Mayday tersebut berupa Aksi Damai elemen Forum Komunikasi Buruh Bersatu (FKBB) Jateng-DIY dengan dihadiri puluhan buruh, dari berbagai perwakilan organisasi buruh wilayah Jateng dan DIY.

Mereka berkumpul di Stadion Gemilang dengan membawa sejumlah bendera Serikat Pekerja dan berbagai spanduk dengan tulisan bertema peringatan Hari Buruh Internasional.

Pengamanan dipimpin oleh Kabagops Polresta Magelang, Kompol Eko Mardiyanto. Adapun tujuannya melakukan pengamanan dan memperlancar jalannya aksi kegiatan penyampaian pendapat di muka umum yang berlangsung di Stadion Gemilang Kabupaten Magelang itu.

Kapolresta Kombes Pol Mustofa, melalui Kabagops Kompol Eko Mardiyanto mengatakan pengamanan ini juga guna memperlancar arus lalulintas. Pihaknya memastikan tidak terjadi kemacetan maupun tindakan lain yang mengganggu kamtibmas karena ada buruh dan elemen masyarakat yang akan menyampaikan pendapatnya di Stadion Gemilang.

Kabagops Kompol Eko Mardiyanto mengatakan siapa saja yang akan menyampaikan pendapat di muka umum, sebagaimana diatur dalam undang-undang penyampaian pendapat merupakan hak setiap warga negara.

“Namun tentunya harus memperhatikan hak-hak masyarakat lainnya. Sehingga aturan dalam undang-undang penyampaian pendapat di muka umum harap dipatuhi. Supaya semua kegiatan berjalan dengan aman, tertib dan kondusif,” ujar Kompol Eko Mardiyanto.

Kabagops Polresta Magelang menegaskan personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negoisasi, pelayanan serta humanis.

“Alhamdulillah pengamanan lancar terkendali, tidak ada kegiatan menonjol sebelum, selama dan sesudah berlangsungnya Aksi Damai Peringatan Mayday. Kita melayani saudara-saudara kita yang menyampaikan pendapatnya dengan baik dan humanis,” tutup Kompol Eko Mardiyanto.

(Yyk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *