Berita  

Kapan Lebaran Idul Fitri 2024 Muhammadiyah dan NU? Cek Jadwalnya di Sini

Kapan Lebaran Idul Fitri 2024 Muhammadiyah dan NU Cek Jadwalnya di Sini

Ragamsumbar.com – Pertanyaan tentang kapan Lebaran Idul Fitri 2024 seringkali menjadi topik yang menarik bagi banyak orang, terutama umat Muslim di Indonesia.

Tahun ini, Lebaran Idul Fitri diprediksi jatuh pada waktu yang berbeda antara Muhammadiyah dan NU, organisasi Islam terbesar di Indonesia. Berikut informasi lengkap mengenai perkiraan tanggal Lebaran Idul Fitri 2024 berdasarkan perhitungan dari kedua organisasi tersebut.

Kapan Lebaran Idul Fitri 2024 Menurut Muhammadiyah?

Muhammadiyah biasanya menggunakan metode hisab dalam menentukan awal bulan Ramadan dan Idul Fitri. Berdasarkan perhitungan Muhammadiyah, awal bulan Ramadan 1445 Hijriah diproyeksikan jatuh pada tanggal 9 April 2024, dengan demikian Idul Fitri diperkirakan akan jatuh pada 11 sampe 12 April 2024.

Namun, tetap perlu untuk menunggu hasil pengamatan hilal oleh Lembaga Falakiyah Muhammadiyah untuk penetapan yang akurat.

Kapan Lebaran Idul Fitri 2024 Menurut NU?

Nahdlatul Ulama (NU) umumnya menggunakan metode rukyatul hilal (pengamatan hilal) dalam menentukan awal bulan Ramadan dan Idul Fitri.

Menurut prediksi NU, jika hilal (sabit) dapat terlihat pada tanggal 29 Ramadan 1445 Hijriah, maka Idul Fitri 1445 Hijriah akan jatuh pada hari Rabu, 11 sampe 12 April 2024.

Mengecek Jadwal Lebaran Idul Fitri 2024

Untuk mengetahui jadwal Lebaran Idul Fitri 2024 secara pasti berdasarkan penetapan resmi dari Muhammadiyah dan NU, Anda dapat memeriksanya melalui situs web resmi kedua organisasi tersebut.

Muhammadiyah dan NU akan mengumumkan penetapan awal bulan Ramadan dan Idul Fitri setelah melalui serangkaian proses pengamatan dan perhitungan yang teliti, berikut pengecekannya.

Situs resmi Muhammadiyah: www.muhammadiyah.or.id

Situs resmi Nahdlatul Ulama (NU): www.nu.or.id

Mengapa Penting untuk Mengetahui Tanggal Lebaran Idul Fitri?

Mengetahui tanggal pasti Lebaran Idul Fitri memiliki banyak manfaat. Ini memungkinkan umat Muslim untuk merencanakan liburan dan mudik dengan lebih baik.

Selain itu, pengetahuan tentang tanggal Idul Fitri juga membantu dalam menyusun jadwal kegiatan dan perayaan di lingkungan masyarakat.

Kesimpulan

Jadi, jika Anda ingin mengetahui dengan pasti kapan Lebaran Idul Fitri 2024 akan jatuh menurut Muhammadiyah dan NU, pastikan untuk mengikuti pengumuman resmi dari kedua organisasi tersebut melalui situs web mereka.

Informasi ini akan memberikan kejelasan dan memungkinkan Anda untuk merencanakan perayaan Idul Fitri dengan lebih baik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *