Safari Ramadan di Pessel, Sekdaprov Sumbar Ajak Semua Pihak Lebih Giat Berbagi

Sekdaprov Sumbar, Hansastri Safari Ramadan di Pessel
Sekdaprov Sumbar, Hansastri Safari Ramadan di Pessel. (f/pemprov)

Ragamsumbar.com – Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sekda Sumbar), Hansastri, memimpin rombongan Tim Safari Ramadhan (TSR) Provinsi berkunjung ke Masjid Nurul Yaqin Talawi, Nagari Barung-Barung Balantai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Senin 25 Maret 2024.

Dalam kesempatan itu, Sekda kembali menyampaikan duka mendalam kepada warga Kabupaten Pasisir Selatan, atas musibah banjir yang melanda pada 7 Maret lalu.

“Atas nama Pemerintah Provinsi kami kembali mengucapkan turut berduka cita pada saudara kita yang terdampak karena musibah banjir dan longsor. Hingga saat ini, Pemprov Sumbar telah melakukan langkah tanggap darurat, koordinasi dengan instansi terkait, serta upaya rehabilitasi dan penanganan bencana,” kata Sekda.

Selanjutnya, Sekda Hansastri juga mengajak semua pihak untuk lebih giat berbagi selama momentum bulan Ramadhan yang suci. Terlebih, Pesisir Selatan termasuk daerah yang paling parah terdampak bencana banjir.

Selain itu, Sekda juga menyatakan bahwa dalam situasi darurat, pemerintak terus memastikan bantuan dan pertolongan cepat tiba kepada masyarakat di lokasi terdampak.

“Menurut informasi dari BPBD Sumbar, jumlah korban mencapai 25 orang dan empat orang lainnya sampai saat ini belum ditemukan. Untuk itu, marilah kita berdoa agar empat saudara kita yang belum ditemukan segera mendapat titik terang,” harapnya.

Di sisi lain, Sekda Kabupaten Pesisir Selatan selaku Kepala Ex officio BPBD Pesisir Selatan, Mawardi Roska, memgungkapkan bahwa jumlah kerugian yang dialami akibat musibah banjir yang lalu mencapai Rp1 triliun.

“Akibat bencana banjir bandang tersebut, cukup banyak sarana dan prasarana negara dan daerah banyak yang rusak seperti jalan, jembatan, sekolah, puskesmas, fasilitas air minum, termasuk harta benda masyarakat, kerugian mencapai angka Rp1 triliun,” jelas Mawardi.

Mawardi berharap, semua kerusakan dapat diakselerasi sehingga semua infrastruktur jalan, jembatan dan fasilitas umum lainnya dapat dmanfaatkan lagi, sehingga masyarakat terlalu lama menunggu.

Dalam Safari Ramadhan itu, Sekda Hansastri juga menyerahkan bantuan dana pengembanban pembangunan masjid senilai Rp50 juta dan 10 mushaf Al-Quran kepada pengurus Masjid Nurul Yaqin Talawi.

(adpsb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *